Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
HeadlineLintas Provinsi

Memperingati Otonomi Daerah ke-28 di Kepri: Menuju Ekonomi Hijau dan Relevansi Otonomi untuk Kemajuan Lokal

34
×

Memperingati Otonomi Daerah ke-28 di Kepri: Menuju Ekonomi Hijau dan Relevansi Otonomi untuk Kemajuan Lokal

Sebarkan artikel ini

Radarmalaka.com, Tanjungpinang – Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Kepulauan Riau (Kepri), Adi Prihantara, bertindak sebagai Inspektur dalam Upacara Hari Peringatan Otonomi Daerah ke-28 Tahun 2024 yang dilaksanakan di Halaman Kantor Gubernur Kepri, Dompak, Kota Tanjungpinang, pada Kamis, 25 April 2024.

Peringatan Otonomi Daerah ini mempunyai tema ‘Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan Yang Sehat’.

Tema ini dipilih dengan tujuan untuk memperkuat komitmen, tanggung jawab, dan kesadaran seluruh jajaran Pemerintah Daerah terhadap tugas untuk membangun keberlanjutan dalam pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA) dan lingkungan hidup di tingkat lokal.

Selain itu, tema ini juga ditujukan untuk mempromosikan model ekonomi yang ramah lingkungan agar dapat menciptakan masa depan yang berkelanjutan bagi generasi Indonesia mendatang.

Dalam sambutannya, Adi membacakan arahan dari Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, yang menyampaikan bahwa otonomi daerah merupakan hak, wewenang, dan kewajiban daerah otonom untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat dalam sistem Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dia menekankan bahwa otonomi daerah dirancang untuk mencapai dua tujuan utama, yaitu tujuan kesejahteraan dan tujuan demokrasi.

Dalam hal tujuan kesejahteraan, desentralisasi diarahkan untuk memberikan pelayanan publik bagi masyarakat secara efektif, efisien, dan ekonomis.

Sedangkan dari segi tujuan demokrasi, kebijakan desentralisasi menjadi instrumen pendidikan politik di tingkat lokal yang mempercepat terwujudnya masyarakat madani atau Civil Society.

“Pentingnya memperingati Hari Otonom Daerah menjadi momentum untuk mengukuhkan komitmen Pemerintah daerah dalam memajukan daerahnya dan kesempatan bagi kita semua untuk merefleksikan perjalanan otonomi daerah dan merencanakan langkah-langkah strategis ke depan guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat Kepulauan Riau,” ujarnya.

Adi juga menekankan pentingnya otonomi daerah dalam memajukan pembangunan di tingkat lokal.

Dia juga menyampaikan komitmen Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri dalam mendukung dan mengoptimalkan pelaksanaan otonomi daerah demi kesejahteraan masyarakat Provinsi Kepri.

“Dengan semangat baru dalam memperkuat otonomi daerah, Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau berkomitmen untuk terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan publik serta mempercepat pembangunan di seluruh wilayahnya,” tegasnya.

Akhirnya, Adi atas nama Pemprov Kepri mengajak seluruh masyarakat Provinsi Kepri untuk bersama-sama menjaga dan memperjuangkan keberhasilan otonomi daerah demi kemajuan dan kesejahteraan bersama.

Upacara ini diikuti oleh para Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Kepri, para Aparatur Sipil Negara (ASN), Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dan Tenaga Harian Lepas (THL) di Lingkungan Pemprov Kepri, para Pimpinan Instansi Vertikal Kepri, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kepri, serta perwakilan dari TNI dan Polri.

Editor: Budi Adriansyah
Penulis: Ky