Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
HeadlineLintas Provinsi

Gotong Royong Bersihkan Lingkungan, Upaya Pemkot Tanjungpinang Mengurangi Stunting

36
×

Gotong Royong Bersihkan Lingkungan, Upaya Pemkot Tanjungpinang Mengurangi Stunting

Sebarkan artikel ini

Radarmalaka.com, Tanjungpinang – Pemerintah Kota (Pemkot) Tanjungpinang berkomitmen untuk melaksanakan berbagai program termasuk menjaga kebersihan lingkungan untuk mengurangi stunting.

Pada Sabtu, 4 Mei 2024, masyarakat Kelurahan Senggarang dan Kampung Bugis, Kecamatan Tanjungpinang Kota, bergotong royong bersama dengan sang lurah membersihkan lingkungan mereka untuk mengurangi stunting.

Program kebersihan lingkungan juga dilakukan pada hari yang sama di Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Tanjungpinang Barat, dan Kelurahan Kampung Bulang, Kecamatan Tanjungpinang Timur, serta Kecamatan Bukit Bestari yang langsung dikomandoi oleh sang camat.

Pada Ahad, 5 Mei 2024, masyarakat di Kelurahan Pinang Kencana, Kecamatan Tanjungpinang Timur, Kelurahan Bukit Cermin, dan Kampung Baru, Kecamatan Tanjungpinang Barat melakukan hal yang sama, yaitu bergotong royong menjaga kebersihan lingkungan.

Terima kasih disampaikan oleh Penjabat (Pj.) Wali Kota Tanjungpinang, Hasan, kepada seluruh warga, RT/RW, lurah dan camat atas usaha mereka dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Menurut Hasan, kebersihan lingkungan yang buruk dapat menyebabkan terinfeksi oleh penyakit yang mempengaruhi pertumbuhan anak-anak.

Oleh karena itu, program Pemkot Tanjungpinang dilakukan dengan mengajarkan masyarakat tentang pentingnya kebersihan lingkungan serta bagaimana cara menjaganya.

Masyarakat juga diajarkan untuk membuang sampah dengan benar dan diberikan fasilitas untuk membuang sampah, serta mendapat edukasi tentang cara menjaga kebersihan air dan sanitasi.

Hasan menambahkan bahwa edukasi tentang pentingnya nutrisi yang baik juga dapat membantu mengurangi stunting. Program-program ini dapat di laksanakan di rumah, klinik, pusat kesehatan, atau di sekolah-sekolah.

Selain itu, faktor kebersihan lingkungan juga sangat mempengaruhi kesehatan. Menyadari hal tersebut, dirinya juga menggerakkan kegiatan kebersihan lingkungan di Jalan Kuantan, Kelurahan Melayu Kota Piring, Kecamatan Tanjungpinang.

Masyarakat Jalan Kuantan terlihat bersemangat bergotong royong membersihkan lingkungan mereka, sebagai wujud kepedulian dan senantiasa menjaga kebersihan lingkungan, sehingga lingkungan mereka selalu bersih, indah dan sehat.

“Dalam upaya mengurangi stunting, menjaga kebersihan lingkungan sangatlah penting karena dapat mempengaruhi kesehatan dan pertumbuhan anak-anak,” kata Hasan.

Editor: Budi Adriansyah