Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
HeadlineLintas Provinsi

Panglima TNI Meresmikan Flat Modern Kogabwilhan I di Kepri: Meningkatkan Kualitas Hidup Prajurit dan Sinergi dengan Pemda

69
×

Panglima TNI Meresmikan Flat Modern Kogabwilhan I di Kepri: Meningkatkan Kualitas Hidup Prajurit dan Sinergi dengan Pemda

Sebarkan artikel ini

Radarmalaka.com, Tanjungpinang – Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto bersama-sama dengan Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad dan Pangkogabwilhan I Laksdya. TNI. Agus Hariadi meresmikan penggunaan Flat Susun Kogabwilhan I di Tanjung Moco, Dompak, Kota Tanjungpinang pada Selasa, 28 Mei 2024.

Hadir dalam peresmian ini adalah Ketua Umum Dharma Pertiwi Evi Agus Subiyanto, Ketua TP-PKK Kepri Dewi Kumalasari, jajaran Kogabwilhan I, dan jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kepri.

Acara peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Panglima TNI. Kegiatan ini juga mencakup penyerahan bantuan sosial berupa paket sembako untuk masyarakat di sekitar wilayah Dompak dan penanaman pohon.

Flat susun Kogabwilhan I terletak 5,5 km dari Markas Kogabwilhan I, dan jarak tempuhnya kurang lebih 5 menit. Flat ini terdiri dari 24 Kepala Keluarga (KK) dengan tipe 54 dan fasilitas ruang tamu, tiga kamar tidur, dapur, dan berbagai fasilitas lengkap.

Dalam ucapan perkenalannya, Panglima TNI mengharapkan dibangunnya Flat ini dapat meningkatkan kualitas hidup prajurit TNI dan keluarga beserta moral para prajurit.

“Secara bertahap, ada penambahan personel, tempat tinggal, dan perlengkapan lainnya. Akan segera disiapkan acuan untuk Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) penganggaran tahun depan sehingga semua kebutuhan dapat terpenuhi,” kata Panglima TNI.

Panglima TNI juga menyampaikan terima kasih khususnya kepada Gubernur Kepri Ansar Ahmad dan jajaran Forkopimda Kepri yang telah mendukung dan bersinergi dalam setiap kegiatan.

Dia berharap bahwa pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan datang, semua pihak dapat bekerja bersama untuk mengamankan jalannya kegiatan tersebut.

Setelah kegiatan, Ansar mengungkapkan apresiasi atas dibangunnya flat modern yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Flat ini diharapkan dapat memotivasi penghuninya untuk meningkatkan kinerja dan menjadi tempat yang dapat memperkokoh tali persaudaraan antara personel Kogabwilhan I.

Ansar juga sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada institusi TNI yang dalam kesempatan ini juga mengadakan Bhakti Sosial.

“Penyerahan paket sembako ini merupakan bentuk perhatian terhadap kesejahteraan masyarakat Kepulauan Riau, masyarakat perbatasan, oleh Institusi TNI. Kami harap sinergitas TNI dan Pemerintah Daerah (Pemda) akan dapat terus diperkuat diwaktu yang akan datang,” katanya.

Sebelumnya, Aslog Kaskogabwilhan I, Brigadir Jenderal TNI. Tersisius Yoga Pranoto melaporkan bahwa lahan pembangunan flat ini seluas 50 ha dengan pemilikan hibah dari PT. Kemayan Bintan, dan telah masuk ke Barang Milik Negara (BMN) Kogabwilhan I.

Lahan di Makogabwilham I seluas 20 Ha yang merupakan hibah dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri juga telah masuk dalam BMN Kogabwilhan I.

Biaya pembangunan sebesar Rp32,4 miliar diambil dari sumber anggaran Mabes TNI Tahun Anggaran 2023 melalui skema Surat Berharga Syariah Negara.

Yoga juga memaparkan beberapa bantuan yang telah diberikan Pemprov Kepri kepada Kogabwilhan I. Di antaranya, pada tahun 2023, terdapat bantuan pembuatan sumur bor dan penyambungan listrik ke flat. Pada tahun 2024, juga diajukan permohonan hibah tanah di sekitar Markas Komando (Mako) seluas 25 Ha yang merupakan penambahan lahan sekarang. Sarana prasarana juga diperbaiki, seperti jalan menuju Markas dan garasi.

Editor: Budi Adriansyah
Penulis: Ron