Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
HeadlineLintas Provinsi

FESyar 2024: Kolaborasi Bank Indonesia dan Pemerintah Kepri untuk Menyongsong Ekonomi Syariah yang Adil dan Seimbang

49
×

FESyar 2024: Kolaborasi Bank Indonesia dan Pemerintah Kepri untuk Menyongsong Ekonomi Syariah yang Adil dan Seimbang

Sebarkan artikel ini

Radarmalaka.com, Batam – Rangkaian pelaksanaan Festival Ekonomi Syariah Sumatera Tahun 2024 dipusatkan di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), diawali dengan kegiatan Tabligh Akbar di Lapangan Parkir Downtown Harbour Bay Kota Batam pada Ahad, 26 Mei 2024 malam.

Festival tahunan Bank Indonesia ini bertujuan untuk mendukung akselerasi pengembangan ekonomi dan keuangan syariah melalui kolaborasi dengan stakeholders di daerah tersebut.

Gubernur Provinsi Kepri Ansar Ahmad dan Habib Syech Bin Abdul Qadir Assegaf hadir pada kegiatan ini, bersama Kepala Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia Imam Hartono, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Utara, Aceh, Pematang Siantar, Sibolga, Riau, Perwakilan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kepri, dan para tamu serta hadirin undangan tabligh akbar.

Dalam sambutannya, Ansar mengemukakan bahwa ekonomi syariah merupakan sistem ekonomi yang berdasarkan pada ajaran Islam dan prinsip keadilan, keseimbangan, dan kemaslahatan.

“Melalui penerapan ekonomi syariah, akan tercipta keadilan dan persaudaraan yang pada akhirnya dapat melahirkan kesetaraan atau keseimbangan pendapatan dan kesejahteraan, sesuai dengan apa yang disyariatkan dalam ajaran Islam,” jelas Ansar.

Ansar juga berharap agar Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) mulai menerapkan sistem ekonomi syariah dalam bisnisnya.

Dia mengatakan bahwa Provinsi Kepri, yang didukung dengan tingkat toleransi yang tersebar di masyarakat heterogen, telah menjadi modal luar biasa bagi pembangunan Provinsi Kepri.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepri Suryono menyatakan bahwa gelaran tabligh akbar adalah rangkaian FESyar 2024 Regional Sumatera, sebuah kegiatan yang mendukung perkembangan ekonomi syariah di Provinsi Kepri.

Untuk Regional Sumatera, FESyar dilaksanakan pada 26 Mei-2 Juni 2024 di Kota Batam selama seminggu, dengan sejumlah kegiatan dari Indonesia International Halal Chef Competition, pameran UMKM dan bazar, fashion show, seminar keuangan dan ekonomi syariah, seminar optimalisasi dana Ziswaf, seminar penguatan ekosistem produk halal, seminar pemberdayaan usaha syariah, lomba kreasi sholawat, stand-up comedy, lomba mewarnai, lomba adzan, dan lomba dakwah ekonomi syariah.

Selama kegiatan tabligh akbar, hadirin dan jamaah diajak terus mengumandangkan lantunan sholawat bersama Habib Syech, mulai dari lantunan sholawat nariyah, sholawat busyro, hingga lagu religi alangkah indahnya dengan iringan lampu ponsel masing-masing jamaah yang hadir.

Editor: Budi Adriansyah
Penulis: Fik