Warna Baru Penerapan Tatanan Kehidupan Baru di SMAN 1 Malaka Barat di Kabupaten Malaka

Warna baru, situasi baru, nafas baru sangat terlihat dalam penerapan tatanan kehidupan baru di SMAN 1 Malaka Barat di Besikama – Kabupaten Malaka – Provinsi NTT.

Sejak SMAN 1 Malaka Barat menerapkan tatanan peradaban baru di sekolah para siswa, guru dan pegawai di sekolah itu benar – benar disiplin menjalankan tatanan baru yang dibangun sejak memasuki halaman sekolah itu.

Kondisi dan situasi seperti itu dapat terdeteksi saat 192 Siswa kelas X disekolah itu memulai kegiatan tatap muka Senin, (10/8-2020).

Sejak pagi hari pukul 6.30 Wita para siswa terlihat sangat teratur memasuki pintu gerbang sekolah dan mendapatkan pengawasan ketat petugas yang sudah berjaga di pintu gerbang sekolah.

Setiap siswa, guru dan pegawai yang memasuki pintu gerbang hukumnya wajib mengenakan masker. Bagi mereka yang tidak mengenakan masker dilarang dan tidak diperbolehkan melewati pintu gerbang sekolah.

Setelah melalui pemeriksaan masker, para siswa dan guru serta pegawai harus melewati satu tahapan yakni pemeriksaan suhu tubuh. Bagi yang suhu tubuhnya normal dan tidak sakit yang diijinkan masuk dan melewati tahapan berikutnya yakni cuci tangan dengan sabun baru menuju tempat upacara dan menempati titik yang sudah ditentukan dengan tetap mempertahankan jaga jarak dan tidak bergerombol.

Semua tahapan yang dilewati siswa dan guru serta pegawai tetap mendapat pengawalan ketat petugas yang sudah ditempatkan pada titik- titik untuk melakukan pengawasan sesuai tahapan yang harus dilalui.

Ditempat upacara, kepala sekolah atau wakasek yang bertugas menyampaikan beberapa pengumuman penting dan evaluasi terkait penerapan norma baru disekolah.

Siswa secara teratur dan tetap mengenakan masker serta menjaga jarak memasuki ruangan belajar yang sudah disiapkan dan disana sudah ada guru bidang studi yang menunggu di kelas.

Waktu pembelajaranpun sudah diatur dan tidak ada waktu istrahat selama proses KBM di kelas sehingga siswa tidak perlu beranjak dari tempat duduknya hingga pertukaran guru mata pelajaran hingga saatnya keluar sekolah.

Kepala Sekolah SMAN 1 Malaka Barat, Antonius Atok Tahuk saat ditemui wartawan di Besikama mengatakan pihaknya sudah menggelar latihan -latihan bersama siswa dan guru sebelum terapkan norma kebiasaan baru di Sekolah.

” Kemarin kita terapkan bagi siswa kelas X dan hari ini bagi siswa kelas XI. Besok Rabu bagi siswa kelas XII karena sistim pembelajaran yang kita terapkan yakni pembelajaran silang secara bergantian setiap hari”

” KBM tatap muka bagi siswa kelas 1 setiap hari Senin dan Kamis, Siswa Kelas 2 pada Hari Selasa – Jumat dan Siswa kelas III pada Hari Rabu dan Sabtu”

” Bagi siswa yang tidak masuk sekolah untuk tatap muka mendapatkan kesempatan untuk Belajar Dari Rumah (BDR) dengan mempelajari materi dan tugas terstruktur yang sudah disiapkan guru bidang studi sesuai jadwal yang ditetapkan”

” Pemberlakuan kegiatan pembelajaran secara bergantian per kelas sesuai tingkatan dimaksudkan supaya para siswa dapat kerjakan tugas terstruktur di rumah saat mendapatkan kesempatan BDR” (boni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *