Warga Tiga Dusun di Desa Rabasa Haerain – Malaka Terancam Gagal Panen Jagung

Warga tiga dusun di Desa Rabasa Haerain – Kecamatan Malaka Barat masing-masing dusun Berasi B, Halimalaka B dan dusun Halimalaka C terancam gagal panen jagung.

Pasalnya, 10 hektar lahan milik warga ketiga dusun itu terendam genangan air hujan dan terdampak banjir Kali Motadelek beberapa waktu lalu.

Ada beberapa kebun milik warga tanamannya mati dan ada tanaman jagung yang kelihatan tidak berdaya lagi dipotong tuannya untuk makanan sapi .

Kasi Kesra Desa Haerain, Fransiskus Hamagun mengatakan hal itu kepada wartawan di Rabasa Haerain- Kecamatan Malaka Barat – Kabupaten Malaka – Provinsi NTT, Jumat (5/6-2020)

Dikatakannya, hujan yang berkepanjangan dan luapan banjir Kali Motadelek beberapa waktu lalu menggenangi kurang lebih 10 ha tanaman jagung milik masyarakat di tiga dusun yakni di dusun Berasi B, Halimalaka B dan dusun Halimalaka C .

” Akibat genangan air yang bercampur lumpur akibat banjir kali motadelek maka tanaman jagung milik warga mati dan layu tidak berdaya”

” Harapan kita tipis untuk bisa panen pada musim tanam ini”

” Jagung yang mati dan layu di dusun Berasi B kurang lebih 5 hektar dan sisanya menyebar di dusun Halimalaka B dan C”

” Ada beberapa petani yang jagungnya mati langsung dipotong untuk makanan sapi”

” Tanaman jagung milik saya sebanyak 40 are mati sehingga saya masih berupaya cek benih untuk penanaman baru di kebun”

Simon Bria Mea, warga dusun Berasi B – Desa Rabasa Haerain kepada wartawan mengatakan tanaman jagung miliknya di kebun seluas 50 are mati karena terendam banjir.

” Karena jagungnya mati maka saya potong semua untuk makanan sapi . Saya rencanakan ganti dengan tanaman kacang ijo ”

Petani lainnya, Yakobus Kehi, Warga dusun Berasi kepada wartawan mengatakan kebun jagungnya seluas 45 are digenangi banjir sehingga jagungnya mati.

” Saya sudah bersihkan dan jagung yang mati buat makanan sapi. Saya rencana untuk tanam ulang jagung atau Kacang Ijo, tergantung ketersediaan bibit” (boni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *