Warga Oanmane – Malaka Minta Pemerintah Siapkan Bibit Jagung Untuk Penanaman MT II dan III

Tokoh masyarakat Desa Oanmane di  Kecamatan Malaka Barat Provinsi NTT meminta Pemerintah untuk menyiapkan bibit jagung bagi masyarakat  yang terdampak banjir Benenai  guna penanaman MT 2 dan MT3 tahun ini.

Pasalnya, ratusan  hektar lahan jagung dan  padi milik masyarakat  tertimbun banjir bandang Benenai belum lama ini sehingga rakyat tidak memiliki benih lantaran gagal panen.

Selain benih jagung, warga juga meminta  herbisida untuk membantu rakyat  menyiapkan lahannya  guna penanaman tersebut.

Tokoh masyarakat desa Oanmane, Titus mengatakan hal itu kepada wartawan di Sukabilulik – Desa Oanmane – Kecamatan Malaka Barat – Kabupaten Malaka, Jumat (30/4-2021).

Dikatakannya, kerugian masyarakat akibat banjir bandang Benenai belum lama ini sangat besar lantaran lahan masyarakat yang siap panen terendam dan tertimbun material banjir Benenai.

” Dari catatan kami sebanyak  322 ha lahan padi milik  masyarakat yang siap panen terendam dan tertimbun lumpur akibat banjir, 43 ha lahan jagung siap panen juga mengalami nasib yang sama serta  21 ha lahan pisang masyarakat rusak dan tertimbun”

”  Kondisi diatas sangat merugikan masyarakat sehingga diperlukan langkah-langkah cerdas untuk mengatasi hal diatas dengan memanfaatkan peluang tanam yang ada”

Hal senada dikatakan Tokoh masyarakat  Malaka, Nahak Balthasar.

Menurut Nahak, Pemerintah melalui dinas teknis terkait perlu menyediakan benih dan herbisida yang memadai untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam MT2 dan MT3.

” Kita berharap dinas teknis harus proaktif turun ke lapangan untuk melihat dari dekat kebutuhan warga terutama   terkait kebutuhan benih untuk penanaman MT2 dan MT3″

” Kita sudah gagal panen dalam MT1 sehingga kita tidak boleh gagal lagi di MT2 dan MT3″

” Kita berharap pemda Malaka melalui dinas Pertanian bisa mengambil langkah-langkah cerdas guna memenuhi kebutuhan benih dan obat-obatan   dalam MT 2 dan MT3″

Sekertaris Dinas TPHP Kabupaten Malaka, Nikolas Seran belum berhasil dikonfirmasi. ( boni)

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *