Warga Malaka Mulai Sadar Gunakan Masker

Warga Malaka belakangan ini mulai sadar menggunakan masker. Terlihat dimana- mana baik di sarana pelayanan publik dan di jalanan warga terlihat mengenakan masker saat keluar rumah.

Kondisi diatas dapat dideteksi saat Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran dan Kapolres Malaka, AKBP Albertus Neno bersama Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Malaka melakukan pemantauan Pencegahan Covid 19 di Kecamatan Rinhat – Kabupaten Malaka, Rabu (22/4-2020).

Ketika rombongan Bupati memasuki dusun Berika – desa Laleten – Kecamatan Weliman tepatnya sebelum memasuki jembatan Leunklot Pj Desa Laleten , Ansel Nahak bersama tim Covid 19 di desa itu berjejer rapi mengenakan masker sambil sosialisasi kepada para pengguna jalan agar tetap mengenakan masker saat kekuar rumah.

Hal yang sama terlihat sepanjang jalan di desa Leunklot dan desa Taaba – Kecamatan Weliman.
Para tim covid yang bertugas di masing-masing desa terlihat sigap berada di posnya masing-masing sambil menjaga jarak antara satu dengan lainnya.

Terlihat ibu – ibu dan anak -anak setengah baya yang berjalan kaki diluar sepanjang perjalanan mengenakan masker sambil melambaikan tangan pada rombongan Bupati yang melewati rumah-rumah penduduk selama perjalanan.

Jhon, salah seorang pelintas jalan yang sempat ditemui wartawan media ini di desa Leunklot – Kecamatan Weliman mengaku senang bisa mengenakan masker.

” Saya senang gunakan masker kain saat keluar rumah sesuai anjuran pemerintah karena bukan hanya bermanfaat bagi diri saya tetapi juga bagi orang lain agar tidak tertular penyakit”

” Awanya saya pikir masker ini hanya digunakan para pejabat atau pegawai yang bekerja diluar rumah tetapi ternyata digunakan juga semua warga yang beraktivitas diluar rumah termasuk saya yang saat ini mau berangkat ke Betun untuk sesuatu urusan”

John mengisahkan dirinya sering mendengarkan himbauan mengenakan masker via siaran TV tetapi belakangan hal yang sama sering terdengar melalui siaran keliling yang dilakukan melalui mobil puskesmas atau mobil kecamatan yang sering masuk ke desa-desa.

Sadrak, Warga desa Saenama – Kecamatan Rinhat yang sempat berkomunikasi dengan wartawan media ini mengatakan dirinya bersama anggota keluarga sudah mengenakan masker saat keluar rumah.

” Ini himbauan pemerintah sehingga harus ditaati untuk kebaikan bersama dalam menghadapi Pandemi Covid 19″

Dirinya mengaku sangat senang dengan peringatan dini yang dikeluarkan pemerintah untuk mengenakan masker saat keluar rumah.

” Rata-rata warga disini sudah kenakan masker saat beraktivitas diluar rumah sesuai anjuran pemerintah”

” Kami di kampung Saenama setiap sore jam 18.00 Wita sudah berada dalam rumah dan tidak diperkenankan keluar rumah kecuali ada kebutuhan mendesak. Itupun dalam pengawasan tim Covid 19″

” Dikampung kami selalu pantau kehadiran orang baru yang mau datang baik dari keluarga atau siapa saja harus sepengetahuan tim covid di desa untuk penanganan lebih lanjut” ( boni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *