Warga Malaka Diminta Terapkan Pilar-Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat

Area Manager (AM) wilayah Malaka CD Bethesda Yakkum, Heny Pesik meminta agar warga Kabupaten Malaka menerapkan Pola hidup sehat dan menjaga kesehatan lingkungan dengan melihat pada Pilar-pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yakni Stop buang air besar sembarang. Cuci tangan pakai sabun di air mengalir. Pengelolaan air minum dan makanan rumah tangga. Pengelolaan sampah rumah tangga dan Pengelolaan air limbah rumah tangga.

Permintaan itu disampaikan Heny Pesik kepada wartawan di Betun – ibu kota kabupaten Malaka pekan lalu.

Dikatakannya, sebagai LSM yang bergerak dibidang kesehatan yang saat ini bertugas di Malaka menghimbau kepada masyarakat untuk selalu terapkan pola hidup sehat dalam setiap aspek kehidupan.

” Kita himbau kepada warga untuk memprioritaskan aspek Kebersihan lingkungan sekitar demi mencegah terjadinya penyakit menular disaat musim hujan seperti sekarang ini”

” Kami sudah menyampaikan kepada Tim Kesehatan Desa (TKD) dan tim SALT untuk membersihkan genangan air yang ada pada selokan di lingkungan sekitar agar tidak terjadi genangan air di musim hujan. Apalagi di Malaka sekarang sudah mulai hujan,”

” Genangan air lebih berpotensi menyebabkan penyakit di musim hujan maka kita menghimbau supaya genangan air tersebut harus disalurkan ke pekarangan-pekarangan warga agar jangan terjadi genangan air di lingkungan sekitar.”

Pihak CD Bethesda juga menghimbau untuk masyarakat harus meningkatkan daya tahan tubuh dengan menkonsumsi ramuan herbal maupun pangan lokal bergizi seperti marungga.

“Pengelolaan air limbah rumah tangga dipastikan untuk jangan terjadi genangan air. Namun bila ada genangan air dari limbah rumah tangga agar sesegera mungkin untuk secepatnya dialirkan”

“Hal lain yang harus diperhatikan adalah pengolahan sampah rumah tangga sehingga jangan menutupi arus air pada selokan dan got-got supaya air bisa mengalir dengan lancar,” ( boni)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *