Warga Kakaniuk – Malaka Kehilangan Jaringan Internet

Warga desa Kakaniuk, Kecamatan Malaka Tengah -.Kabupaten Malaka – Provinsi NTT satu minggu belakangan ini kehilangan jaringan internet. Pasalnya tower yang selama ini beroperasi mengalami gangguan dan tidak bisa diakses.

Kepala Desa Kakaniuk, Petronela Luruk ketika ditemui, Selasa.(30/6) membenarkan hal tersebut.

“Sudah seminggu belakangan ini jaringan internet di desa kami putus sama sekali. Sehingga kami sangat tertinggal dengan informasi dan berita-berita selama, terutama yang berkaitan dengan covid-19,” katanya.

Lebih lanjut, Petronela mengatakan solusi yang dilakukan adalah mencari jaringan internet di tempat-tempat tertentu juga datang ke pusat kota, sehingga warga bisa memperoleh informasi karena dunia sekarang dikelilingi dengan informasi.

“Solusi yang kami tempuh adalah datang ke pusat kecamatan untuk mendapatkan informasi terutama yang berkaitan dengan kegiatan pemerintahan, karena di masa covid 19 ini, informasi hanya bisa diperoleh lewat virtual atau online,” ujar Kades 2 periode ini.

Salah seorang warga Desa Kakaniuk, Yanuarius Mau ketika dikonfirmasi mengatakan hal yang sama tentang sementara hilangnya jaringan internet tersebut. Dirinya yang selama ini bekerja dari rumah merasa terbeban lantaran komunikasi dan informasi macet.

“Selama 1 tahun belakangan ini jaringan internet sangat bagus dan kami pun bekerja dengan baik. Informasi yang berkaitan dengan pekerjaan kami kirim secara online. Tapi seminggu belakangan ini kami harus pergi ke pusat kecamatan untuk kerja, bahkan kami harus cari signal di tempat-tempat tertentu” tuturnya.

Salah seorang petugas tower di Kakaniuk yang selama ini beroperasi, ketika dikonfirmasi membenarkan persoalan jaringan internet yang selama seminggu belakangan ini hilang.

“Ada kerusakan tekhnis yang berkaitan dengan jaringan dan sementara diperbaiki. Semoga tidak terlalu lama lagi jaringan kembali baik dan masyarakat di Desa Kakaniuk dan sekitarnya bisa menikmati internet dengan baik, komunikasi dan informasi pun jadi lancar,” jelasnya.

Sebagai informasi, selama ini warga masyarakat desa Kakaniuk menikmati internet melalui jaringan XL. Sementara jaringan Telkomsel belum ada di wilayah tersebut. (boni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *