Warga Desa Lakulo Giat Tanam Padi MT2 Seluas 30 Ha

Malaka (Advertorial ) Warga desa Lakulo di Kecamatan Weliman -.Kabupaten Malaka dalam MT 2 tahun ini tanam padi seluas 30 ha dari total luas lahan padi 55 ha.

Sementara itu untuk lahan kering rakyat tanam palawija dalam MT2 seluas 20 ha .

Kepala desa Lakulo, Mikhael Seran Fahik mengatakan hal itu kepada wartawan di Lakulo – Kecamatan Weliman, Selasa (7/7-2020).

Dijelaskannya, dalam MT 1 petani disini tanam padi seluas 55 ha namun pada MT2 hanya bisa tanam 30 ha karena ketersediaan air irigasi yang kurang mencupi kebutuhan.

” Kita akali sebagian lahan warga ditanami palawija dan sayuran”

” Lahan kering di dusun Kabuka Laran A dan B seluas 20 ha lebih dan sisanya di Umalor Toos ditanami palawija”

Ketika ditanya wartawan terkait kelembagaan kelompok tani di desa Kades Mikhael menjelaskan di wilayah desanya terdapat 35 poktan namun ada 7 kelompok yang tidak aktif karena berbagai alasan termasuk bekerja diluar Malaka.

” Kita akan benahi lagi kelompok tani dengan melakukan peremajaan bagi kelompok tani yang kurang aktif agar bisa bekerja dalam kelompok sehingga memudahkan pembinaan kedepan”

Kasi Kesejahteraan Desa Lakulo, Petrus Nahak mengatakan salah satu persoalan yang dihadapi petani lahan basah di Lakulo yakni banjir kali Motamoruk setiap tahun merusak tanaman petani saat banjir.

” Lahan pertanian di lokasi Akalaran saat ini sudah tertimbun material banjir kurang lebih 40 ha lantaran banjir kali Motamoruk setiap tahun”

” Kalau bisa saluran pembuangan air diperbaiki dan titik pembuangan air terakhir harus melewati Wetuin dan dibuang di saluran besar Irigasi Weliman” (boni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *