Warga Botin Maemina-Malaka Apresiasi Pemerintah Bangun Jalan di Bene-Bene

Tokoh Masyarakat Desa Botin Maemina di Kecamatan Botin Leobele mengapresiasi rencana pembangunan jalan di wilayah Babotin hingga Botin Maemina di Bene-Bene – Kecamatan Botin Leobele – Kabupaten Malaka yang direncanakan dikerjakan tahun 2021.

Pembangunan akses jalan itu akan melancarkan akses transportasi masyarakat menuju sarana pelayanan publik serta mempercepat roda ekonomi masyarakat.

Rakyat yang berdiam disepanjang ruas jalan itu lebih mudah mengakses sarana pelayanan publik seperti Puskesmas, Kantor Camat, sekolah dan Pasar tradisional di wilayah itu.

Tomas Botin Maemina , Laurens Molo Nana kepada wartawan mengatakan salah satu persoalan yang dihadapi masyarakat di Kecamatan Botin Leobele adalah ketersediaan Infrastruktur jalan dan jembatan yang memadai sehingga sangat menghambat rakyat mengakses sarana pelayanan publik termasuk ke pasar-pasar.

” Kami senang sekali mendengar rencana pemerintah untuk membangun jalan disini dan bagi kami hal itu sangat baik karena menjadi kebutuhan rakyat”

” Jalan ke jurusan Babotin dari Bene-Bene masih perkerasan dan pada musim hujan tergerus air dan berlubang-lubang sehingga menyulitkan masyarakat ke pasar-pasar tradisional seperti di Kaputu dan Uabau”

Tomas lainnya, Athanasius Riu Nana mengatakan hal senada.
Menurutnya, untuk saat ini rakyat sangat membutuhkan akses jalan yang baik guna mendongkrak ekonomi masyarakat.

” Potensi rakyat disini selain Jagung dan ternak, rakyat juga memiliki hasil kemiri,asam, kelapa dan sirih pinang yang biasanya dijual di pasar-pasar tradisional seperti di Kaputu dan Uabau sehingga sangat membutuhkan infrastruktur yang baik. Kalau jalannya sudah baik tentu nadi perekonomian masyarakat akan lebih baik”

Penjabat Kepala Desa Botin Maemina, Tarsi Roman kepada wartawan mengatakan sangat senang dengan rencana pemerintah membangun jalan karena sangat membantu rakyat dalam berbagai aspek kehidupan.

” Jalan ini bila diperbaiki akan melancarkan akses masyarakat selain ke pusat kecamatan juga bisa menghubungkan dengan dua Kecamatan lainnya yakni Kecamatan Sasitamean dan Malaka Timur melalui jalur Masik”.

” Terima kasih kepada Bapak Bupati SBS yang memiliki perhatian besar membangun jalan di wilayah ini”

Dalam kesempatan pemantauan penanganan Covid 19 di desa Botin Maemina, PJ Kades Tarsi Roman meminta Bupati Malaka membantu warga dengan program pengadaan air bersih bagi warga memanfaatkan sumber mata air
Mausoni di Bene-Bene.

Terhadap permintaan itu Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran mengatakan sisa masa jabatannya sebagai Bupati masih tersisa 9 setengah bulan sehingga jangan buat janji-janji untuk rakyat.

” Khususnya untuk air bersih bisa diback up melalui anggaran DAK Program Pamsimas. Dinas PU supaya mengkoordinasikan hal itu agar bisa direalisasikan untuk rakyat” (boni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *