Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
HeadlineLintas Provinsi

Upgrade Pendidikan di Kepri: MoU Kerjasama Pemprov Kepri dan UNP

152
×

Upgrade Pendidikan di Kepri: MoU Kerjasama Pemprov Kepri dan UNP

Sebarkan artikel ini

Radarmalaka.com, Padang – Dalam upaya meningkatkan kualifikasi tenaga pendidik dan jaringan pendidikan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Riau (Kepri) telah menjajaki kerjasama dengan Universitas Negeri Padang (UNP).

Kerjasama ini diwujudkan dalam bentuk Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani oleh Gubernur Provinsi Kepri, Ansar Ahmad dan Rektor UNP, Ganefri, di Ruang Senat Gedung Rektorat UNP, Padang, Sumatera Barat pada Senin, 3 Juni 2024.

Ansar mengatakan bahwa Pemprov Kepri telah menjalin kerjasama yang erat dengan UNP dalam waktu yang cukup lama. Akan tetapi, saat ini mereka lebih berfokus pada meng-upgrade tenaga pendidik agar lebih profesional. Yang menarik untuk dicatat adalah, menurutnya, UNP memiliki pengalaman luar biasa dalam hal ini.

“Tidak sedikit sekarang hasil didikan UNP menjadi tenaga pendidik di Kepri, tidak hanya orang Kepri tetapi juga orang luar yang bekerja di Kepri. Kita sudah dorong kabupaten dan kota untuk bekerja sama dengan fokus meng-upgrade kualifikasi tenaga pendidik kita dengan UNP. Karena kita butuh tenaga pendidik yang lebih profesional,” jelasnya.

Ansar mengungkapkan bahwa dia selalu berusaha membangun jejaring untuk memajukan pendidikan di Kepri, tidak hanya di wilayah regional, tapi juga dengan negara tetangga.

Saat Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) yang berlangsung di Kota Batam, dia menjadi pembicara yang mewakili semua gubernur di Sumatera.

Salah satu topik yang didiskusikan saat itu adalah bagaimana membentuk University Network (Uninet) di Sumatera dengan Malaysia dan Thailand.

“Semoga ini bisa ditindaklanjuti,” ungkap Ansar.

Sebelumnya, Ansar juga memberikan kuliah umum kepada para mahasiswa UNP, termasuk di antaranya yang berasal dari Kepri. Kuliah umum dengan tema peluang kerjasama dalam bidang pendidikan antara Pemprov Kepri dengan UNP, didengarkan dengan seksama oleh mahasiswa.

Sementara itu, Rektor UNP, Ganefri, dalam sambutannya mengatakan bahwa saat ini berbagai bentuk kerjasama di bidang pendidikan sangat terbuka lebar.

“Di UNP tahun lalu, terdapat 700-an mahasiswa yang berasal dari Provinsi Kepri. Semua hal yang bisa dikerjasamakan akan kita lakukan. Termasuk studi lanjut dan pengembangan sumber daya kedua institusi,” ujarnya pada kesempatan itu.

Ganefri juga memberikan kesempatan bagi masyarakat Kepri, khususnya anak-anak dari keluarga-keluarga kurang mampu yang berprestasi, untuk mengambil jurusan kedokteran di UNP.

“Karena Kedokteran UNP ini juga disiapkan untuk anak-anak keluarga kurang mampu namun berprestasi menjadi dokter. Disamping itu, UNP juga mengembangkan pembelajaran hybrid, dan ini bisa di kerjasama dengan Pemprov Kepri. Dosen-dosen di sini juga banyak yang berasal dari Kepulauan Riau,” pungkasnya.

Editor: Budi Adriansyah