Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
HeadlineLintas Provinsi

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Kepri: Pancasila Jiwa Pemersatu Menuju Indonesia Emas 2045!

64
×

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Kepri: Pancasila Jiwa Pemersatu Menuju Indonesia Emas 2045!

Sebarkan artikel ini

Radarmalaka.com, Tanjungpinang – Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tingkat Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Tahun 2024 akan dilaksanakan pada Sabtu, 1 Juni 2024 pagi di Lapangan Upacara Kantor Gubernur Kepri. Diperkirakan, acara tersebut akan dihadiri lebih dari 1.200 orang.

Hal itu disebutkan oleh Raja Hery Mokhrizal, Ketua Panitia dan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Kepri pada, Jumat, 31 Mei 2024.

Hery mengatakan bahwa upacara tersebut akan diadakan sesuai dengan Surat Edaran Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Nomor 1 Tahun 2024 Tentang Pedoman Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 dengan tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas Tahun 2045”.

Selain itu, Hery juga menginformasikan bahwa sebanyak 1.200 orang akan mengikuti upacara yang terdiri dari Pasukan Upacara sebanyak 4 kompi.

Kompi 1 sendiri terdiri dari Personil Polda Kepri, Personil Koarmada I, Personil Korem/ 033 WP, dan Personil Lanud Raja Haji Fisabilillah (RHF).

Sedangkan, Kompi 2 beranggotakan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Provinsi (Pemrov).Kepri, Kompi 3 adalah Anggota Pleton Pemuda Pancasila, Pemuda Panca Marga, Tagana, Menwa, Karang Taruna, Pemuda Muhammadiyah, Banser, dan mahasiswa, serta Kompi 4 yang terdiri dari Pelajar SMA/SMK.

“Upacara ini juga akan dihadiri oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi, Pimpinan Instansi Vertikal, Pejabat di lingkungan Pemprov Kepri, Organisasi Kemasyarakatan, Paguyuban, Tokoh Masyarakat, Kepala Sekolah SMA/SMK dan SLB Negeri se-Kota Tanjungpinang,” lanjut Hery.

Di sela-sela acara tersebut, Pasukan Pengibar Bendera Pusaka yang merupakan putra putri terbaik berasal dari kabupaten/kota se-Provinsi Kepri, akan mengibarkan Bendera Pusaka.

Sementara itu, Paskibraka akan membentuk formasi kelompok Pancasila yang terdiri dari kelompok Sila 1, kelompok Sila 2, kelompok Sila 3, kelompok Sila 4 dan kelompok Sila 5.

Sekretaris Panitia, Aludin Andi menyebut bahwa Gladi Upacara telah dilaksanakan pada Jumat, 31 Mei 2024.

Masih menurutnya, setelah upacara akan dilaksanakan beberapa acara tambahan, di antaranya launching Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih Tahun 2024 yang ditandai dengan penyerahan bendera secara simbolis kepada pimpinan organisasi kemasyarakatan, kemudian Display Marching Band yang dipersembahkan oleh Marching Band Tunas Gurindam Corps Binaan Kwartir Daerah Pramuka Provinsi Kepri, dan Tarian Kolosal Pelajar Pancasila yang dipersembahkan oleh 250 Siswa Siswi SMA Negeri 1 Tanjungpinang.

Editor: Budi Adriansyah
Penulis: Ron