Unik !!! SMKN Badarai Gelar UNBK Perdana di Sekolah Kenakan Busana Adat Malaka

SMKN Badarai di Kecamatan Wewiku – Kabupaten Malaka menggelar UNBK Perdana di sekolah, Senin (16/3-2020)

Didalamn penyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) ini digelar dengan cara unik. Seluruh siswa berpenampilan pakian adat Malaka .

Peserta Ujiam hadir memulai kegiatan Ujian Nasional hari pertama dengan dibaluti pakian adat lengkap. Peserta didik pria menggunaka kemeja putih lengan panjang dibaluti tais mane dan di kepala memakai destar (uluhetin), sedangkan perempuan berkebaya dan dibaluti kain marobo serta dileher dikalungi selendang.

Plt. Kepala Sekolah SMK Negeri Wewiku Badarai Romanus Seran Sonbay, S.Pd, kepada wartawan , Selasa (7/3-2020) mengatakan  pelaksanaan UNBK bagi SMKN Wewiku Badarai merupakan kali ke tiga.

“Selama ini kami menumpang di sekolah lain yaitu 2 kali di SMK Wilibrodus Betun dan sekali di SMA Bateti.. Kali ini kami perdana melaksanakan UNBK Mandiri, artinya kami siap melaksanakan UNBK secara mandiri walaupun memiliki keterbatasan fasilitas, tapi kami optimis bahwa kegiatan ini akan berjalan baik”.

” Tujuan siswa memakai pakaian adat dalam pelaksanaan UNBK untuk memberikan satu pemahaman tersendiri bahwa dunia digital tidak akan pernah menghilangkan budaya adat daerah kita. Dengan demikian pengguaan pakaian adat menggambarkan bahwa keseimbangan era digital dengan budaya daerah masih tetap terjaga dan tidak luntur nilainya:. (boni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *