Tokoh Kunci di Desa Harus  Jadi Agen Informasi Untuk Rakyat

Tokoh kunci disetiap desa harus dilibatkan dan diperankan menjadi agen informasi untuk rakyat terkait pencegahan Covid 19.

Kelompok masyarakat itu harus dilibatkan dan berperan karena selain memiliki pengaruh dan jadi panutan warga, juga sering menjadi sumber tempat bertanya.

Desa harus melihat peluang itu agar seluruh elemen di desa dapat berperan aktif dalam mencegah penularan Covid 19.

Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran mengatakan hal itu kepada wartawan di kediaman Haitimuk – Malaka, Senin (4/5-2020).

” Tokoh Adat, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pendidikan , tokoh perempuan dan tokoh pemuda merupakan pilar kekuatan di desa sehingga harus diperankan dalam rangka upaya pencegahan penularan Covid 19″

” Kita perlu orang-orang kunci seperti diatas supaya mereka menjadi kekuatan kita di desa dengan memperhatikan protocol Covid”

” Orang-orang kunci itu harus dilibatkan karena mereka lebih didengar dan mengetahui situasi di desa termasuk warga di desa itu. Kalau mereka yang omong tentu warga akan dengar dan taat”

“Melibatkan orang-orang kunci di desa merupakan salah satu cara untuk memutus mata rantai penyebaran virus. Para tokoh diatas bisa menjadi gate keeper di desa termasuk mengarahkan anggota keluarga agar patuh pada protokol kesehatan dan himbauan pemerintah dalam rangka memutus mata rantai penyebaran virus di desa”

” Kita berharap Camat dan desa bisa melihat peluang ini terutama dalam peningkatkan kualitas pelayanan Pos Covid di setiap desa”

” Kalau desa bisa mengoptimalkan dan melibatkan orang-orang kunci di desa maka kita optimis penyebaran virus dapat diantisipasi”

” Orang-orang kunci di desa juga bisa menjadi agen informasi kepada anggota keluarga di perantauan terutama yang berada di daerah terpapar agar menahan diri dan menunda kepulangan mereka ke desa”

” Selama melakukan pemantauan di berbagai kecamatan dan desa kita saksikan hampir seluruh desa di Malaka memiliki pos pencegahan Covid yang dibangun di desa”

” Secara kuantitas kita sudah miliki banyak Pos di desa tetapi secara kualitas kita harus tingkatkan kualitas Pos disana”.

“Salah satu caranya dengan mengoptimalkan partisipasi tokoh kunci di desa agar bersinergi dengan Pos Covid di desa dalam memutus mata rantai virus ” (boni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *