Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
HeadlineOlahraga

Timnas Roundnet Amerika Berjaya di World Championship.

76
×

Timnas Roundnet Amerika Berjaya di World Championship.

Sebarkan artikel ini

JAKARTA: Ambisi Timnas Roundnet Indonesia untuk mengikuti kejuaraan dunia Roundnet di Belgia, kandas. Kejuaraan yang dilangsungkan sejak tanggal 8 – 11 September 2022, menenpatkan Amerika Serikat sebagai tim superior yang mampu menyabet semua gelar yang dipertandingkan pada tiap kategori.

Sebagai negara cikal bakal lahirnya olahraga Roundnet, Amerika Serikat layak menjadi yang terbaik di dunia. Jadi tidaklah aneh jika para atlet negeri Paman Sam begitu sarat pengalaman dengan mental bertanding yang jauh lebih baik dari 32 negara peserta World Championship Belgia.

Persipan ke Belgia, Timnas Indonesia sebenarnya telah mempersiapkan dan mendaftar 4 tim pria. Dengan dukungnan pendanaan dari beberapa pihak termasuk dari BUMN seperti PT. Pindad, PT. Pal, Telkomsel Royal Emerald Grup, PT. Vilour sebagai penyuplai Apparel, Media Kompas.Com, Ludus Id dan beberapa pihak lain. Namun sayang Indonesia harus menenlan pil pahit. Timnas Indonesia gagal berangkat ke Belgia karena faktor administrasi visa.

Ketua Umum PB PORSI (Persatuan Olahraga Roundnet Seluruh Indonesia) Genta Fajar mengatakan, apa yang dialami Timnas Roundnet kali ini adalah sebuah pelajaran berharga dan tidak boleh terulang dimasa yang akan datang, terlebih saat mempersiapkan Timnas, khususnya yang akan berpartisipasi di ajang turnamen dunia.

Genta menambahkan, untuk World Championship selanjutnya dipastikan Indonesia akan hadir dengan persiapan dan atlet timnas yang makin berkualitas.

Meskipun Timnas Roundnet Indonesia batal tampil di Belgia, namun kehadiran Dewan Pembina PB PORSI Ir. Fary Djemi Francis MM, paling tidak memberikan sedikit angin segar bagi eksistensi PB PORSI di ajang dunia. Dalam kesempatan itu, Komisaris Utama PT.ASABRI, menyampaikan perkembangan olahraga Roundnet di Indonesia.

“Kesempatan itu saya pergunakan untuk menyampaikan perkembangan Roundnet di Indonesia, sekaligus mempromosikan bahwa Indonesia siap dan layak sebagai tuan rumah kejuaraan Roundnet berskala internasional,” tegas Fary.

Kehadiran Ir. Fary Djemi Francis di acara Roundnet bertepatan dengan kunjungan kerjanya ke negara tetangga Belgia dan Jerman. Saat itu bertepatann dengan penyelenggaraan World Championship tersebut. Saat mengetahui kontingen Timnas gagal berangkat, beliau berinisiatif hadir sebagai perwakilan Indonesia.

Walau Timnas Roundnet gagal partisipasi kali ini, kita patut bangga atas pencapaian PB PORSI sebagai induk olahraganya di Indonesia. Karena olahraga yang baru masuk Indonesia awal tahun 2020, dipelopori Genta Fajar yang kemudian secara aklamasi didapuk menjadi Ketua Umum PORSI pada Munas 2021. Walaupun sebagai cabang olahraga yang baru berumur enam bulan, namun komunitas dan klub olahraga Roundnet sudah hadir di banyak daerah dan sudah mampu menciptakan atlet Timnas Roundnet yang siap berlaga di ajang internasional.

Berikut hasil Kejuaraan Dunia Roundnet Belgia:

Juara Kategori Squad Pria:
1. Amerika Serikat
2. Kanada
3. Jerman

Juara Kategori Squad Wanita:
1. Amerika Serikat
2. Jerman
3. Austria

Juara Kategori Campuran (Mixed):
1. Amerika Serikat
2. Swiss
3. Austria

Juara Kategori Individual Pria:
1. Amerika
2. Amerika
3. Amerika

Juara Kategori Individual Wanita:
1. Amerika
2. Amerika
3. Swiss (fw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *