Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Headline

Tim Pelaksana PKM Memberikan Edukasi Dan Pemberian Tablet Tambah Darah.

37
×

Tim Pelaksana PKM Memberikan Edukasi Dan Pemberian Tablet Tambah Darah.

Sebarkan artikel ini

Sebagai salah satu wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi, Tim Dosen Prodi Sarjana Farmasi, Fakultas Kesehatan,Universitas Citra Bangsa, menggelar kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) memberikan Edukasi dan Pemberian Tablet Tambah darah (TTD) Untuk Pencegahan Anemia Pada Remaja Putri,di SMP Kristen Citra Bangsa Kota Kupang, Jumad (27/01/2023).

Ketua Tim pelaksana, apt. Barbara Azalya Sarifudin, S. Farm., M. Farm,menyampaikan, bahwa kegiatan ini bertujuan membantu anak-anak mendapatkan tambahan pengetahuan terkait pentingnya minum TTD pada remaja putri yang kelak menjadi calon ibu dan melahirkan,mencegah bayi lahir dengan masalah pertumbuhan panjang/ tinggi badan (stunting), serta berat badan lahir rendah (BBLR), guna peningkatan status kesehatan di Indonesia pada umumnya dan NTT khususnya.”Kami berharap edukasi tentang anemia, pentingnya minum TTD,upaya yang dilakukan guna mencegah anemia dan cara mendapatkan TTD dapat menolong siswi-siswi terhindar dari anemia tersebut.”Ungkap Azalya.

Oleh karena itu, kegiatan PKM kali ini dirancangkan untuk dilakukan selama periode 1 tahun ke depan, menyesuaikan dengan panduan minum Tablet Tambah Darah (TTD) dari Badan Kesehatan Dunia (WHO), yaitu 3 bulan suplementasi TTD dengan frekuensi minum TTD 1 tablet per minggu pada hari yang sama, kemudian 3 bulan tanpa suplementasi, 3 bulan kembali dilakukan suplementasi TTD dan 3 bulan tanpa suplementasi.Dengan demikian,kami bisa membantu membentuk kebiasaan minum TTD pada siswi SMP Kristen Citra Bangsa dengan dukungan dari Bapak Ibu Guru yang juga hadir dalam kegiatan kami.”Kegiatan kami diawali dengan pemberian edukasi baik kolektif maupun dalam kelompok yang lebih kecil, guna mempermudah diskusi dan tanya jawab, yang diakhiri dengan aksi minum TTD bersama, sehingga untuk 1 tahun ke depan, hari Jumat akan menjadi hari minum TTD (sesuai periode yang dijelaskan sebelumnya) bagi siswi SMP Kristen Citra Bangsa”.Pungkas Azalya.

“Mereka juga kami ajak untuk mengunduh aplikasi CERIA (Cegah anEmia Remaja IndonesIA) Kementerian Kesehatan RI untuk membantu mereka mendokumentasikan jadwal minum dan menyediakan informasi lain yang akan menambah pengetahuan siswi-siswi. Harapan kami, pemberian TTD rutin dapat meningkatkan sel darah merah sehingga wajah tidak terlihat pucat, lelah, pusing dan berprestasi dalam belajar”, imbuhnya.

Azalya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi menyukseskan kegiatan PKM di SMP Kristen Citra Bangsa Kota Kupang.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada, Rektor Universitas Citra Bangsa (UCB) & Dekan Fakultas Kesehatan UCB yang telah menyetujui pelaksanaan kegiatan ini; Kepala SMP Kristen Citra Bangsa Ibu Ev. Jublina Ga, S. Pd., M. Pd. K, beserta Bapak Ibu Guru dan staf yang telah membantu kegiatan ini; anak-anak SMP Kristen Citra Bangsa yang telah berpartisipasi mengikuti kegiatan. Saya pribadi juga menyampaikan terima kasih kepada Tim Dosen Prodi Sarjana Farmasi UCB serta mahasiswa Prodi Sarjana Farmasi atas kerjasama dan bantuannya sehingga kegiatan ini dapat terlaksana” ungkapnya.

Para peserta yang mengikuti PKM, yakni, siswi-siswi SMP Kristen Citra Bangsa kelas 7, 8 & 9 sebanyak 316 orang; mahasiswa Prodi Sarjana Farmasi UCB sebanyak 90 orang; Bapak dan Ibu Guru sebanyak 10 orang. Tim Dosen Prodi Sarjana Farmasi UCB yang melaksanakan PKM sebanyak 7 orang, yaitu apt. Barbara Azalya Sarifudin, S. Farm., M. Farm sebagai Ketua Pelaksana bersama apt.Nur Oktavia, S. Farm., M. Farm.Klin; apt. Magi Melia Tanggu Rame, S. Farm., M. Farm; apt. Maria Philomena Erika Rengga, S.Farm., M.Farm-Klin; apt, Yohana Krisostoma Anduk Mbulang, S. Farm., M. Farm; apt. Cahyani Purnasari, S.Si., M.Si dan apt. Yulia Kristyanti, S. Farm., M. Farm.( *Her*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *