Tim Paslon SBS-WT Laporkan KPU Malaka di Bawaslu Terkait Pembukaan Kotak Suara Diluar Ketentuan KPU RI

Tim Pasangan Calon SBS-WT kembali melaporkan KPU Kabupaten Malaka di Bawaslu Malaka, Senin (25/1-2021)

Tim SBS-WT melaporkan hal itu di Bawaslu karena menurut tim KPU Malaka paksa buka kotak suara diluar ketentuan sesuai edaran surat dari KPU Pusat.

Alasan lain bahwa berdasarkan surat terbaru KPU RI tertanggal 20 Januari 2021 tidak pernah menginstruksikan kepada KPU untuk buka kotak suara.

Hal itu disampaikan anggota Tim Paslon SBS-WT, Roby Koen kepada wartawan melalui rilis yang disampaikan kepada wartawan media ini, Senin (25/1-2021)

Dijelaskannya, tim paslon SBS-WT melaporkan KPU Kabupaten Malaka karena melakukan pemaksaan pembukaan kotak suara tanpa dasar hukum atau acuan yang jelas .

Menurut Roby, sesuai isi surat KPU RI yang menjadi rujukan KPUD Malaka tertanggal 22 Desember 2020 menginstruksikan untuk buka kotak suara hanya untuk ambil dan foto kopi dokumen C.Hasil KWK, sedangkan KPUD Malaka dalam surat undangannya kepada PPK se-kabupaten Malaka isinya mengambil tiga(3) dokumen sekaligus yakni dokumen C.Hasil KWK, C.Daftar Hadir DPT dan DPTb, C.Kejadian Khusus/Keberatan Saksi. Ini jelas pelanggaran.

” Hal berikut bahwa berdasarkan surat terbaru KPU RI tertanggal 20 Januari 2021 malah tidak pernah menginstruksikan untuk buka kotak suara”

“Kami sudah mempertanyakan dasar hukum pembukaan kotak suara tetapi tidak jelas jawabannya” .

“Kami harus laporkan persoalan ini ke Bawaslu, karena hari ini Pilkada Malaka sudah masuk dalam sengketa perselisihan hasil (PHP) maka pembukaan kotak suara harus berdasarkan dasar hukum yang jelas”.

Laporan tim Paslon SBS-WT diterima Komisioner Bawaslu Kabupaten Malaka, Nadap Betty ( boni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *