Terinspirasi Gebrakan Bupati SBS – Desa Rabasa – Malaka -NTT Tata Pembangunan Peradaban

Pembangunan peradaban dan nilai yang selama ini dilakukan Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran sudah mulai membumi bukan hanya ditingkat Kabupaten tetapi sudah mengakar hingga ke desa-.desa.

Berbagai kegiatan Pembangunan, Pemerintahan dan Pelayanan kemasyarakatan harus bernafaskan nilai yang dianut masyarakat setempat

Budaya lokal harus jadi rujukan dalam mengimplementasikan setiap kegiatan sehingga yang nampak adalah nilai-nilai kehidupan masyarakat yang diangkat ke permukaan walau dalam skala kecil sekalipun.

Gebrakan dan pembangunan nilai yang dilakukan Bupati SBS layak ditiru dan dilestarikan hingga ke desa karena sarat makna dan memiliki nilai yang sangat tinggi.

Pj Kepala Desa Rabasa- Kecamatan Malaka Barat , Agustinus Nahak mengatakan hal itu kepada wartawan media ini diruang kerjanya, Rabu (17/6-2020)

Dikatakannya, sejak kabupaten ini definitif tahun 2016 silam yang ditandai pelantikan Bupati perdana Malaka, SBS mulai melakukan penataan dengan membangun nilai dan peradaban dengan mengangkat kembali nilai-nilai yang selama ini terpendam di masyarakat.

“Penerimaan tamu dari Pusat, Provinsi dan lintas Kabupaten, Bupati SBS memiliki standart penerimaan tamu yang menggambarkan nilai dan peradaban orang Malaka”

Standart yang dibangun bukan hanya saat penerimaan tamu tetapi juga saat kegiatan hingga melepas kembali tamu pulang dan keluar dari Malaka ke tempat tujuan”.

” Terinspirasi gebrakan yang dilakukan Bupati Malaka Pj Kades Rabasa, Aparat Desa dan Pengurus BPD mengadop nilai yang sudah dibangun untuk diterapkan di desa melalui berbagai kegiatan di desa”

Kunjungan Kapolres Malaka, 29 Mei untuk melihat dan membantu korban banjir di desa Rabasa – Kecamatan Malaka Barat diterima secara adat oleh Ketua BPD Desa Rabasa bersama tokoh adat merupakan sebuah bentuk penghargaan kepada tamu yang berkunjung ke desa walau dilaksanakan secara sederhana lantaran situasi Pandemi Covid 19.

” Sapaan adat, pengalungan kain adat dan suguhan sirih pinang merupakan standart penerimaan tamu di desa Rabasa”, tandas Ketua BPD Desa Rabasa, Marius Tahu .

” Hal yang sama dilakukan saat Penerimaan dan pelayanan kepada Rombongan Penanganan Bencana Wilayah 1 NTT & Rombonganx dari BPPW NTT, Dirjen Cipta Karya, Kementrian PUPR RI yang dipimpin PPK, Bapak Andre Pandual”

” Intinya kita membangun nilai dan mencontohi gebrakan yang dilakukan Bupati Malaka selama empat tahun lebih memimpin Malaka”

” Kita menanamkan nilai agar dilanjutkan generasi penerus Rabasa dimasa mendatang”

“Hal -hal baik kita adopt untuk membangun desa sesuai dengan harapan kita menjadikan Rabasa sebagai desa Wisata dimasa mendatang” (boni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *