Terapkan Protokol Covid-19, Warga Datangi Kantor Desa Kakaniuk Terima BLT DD

Sebanyak 125 Kepala Keluarga menyerbu kantor desa Kakaniuk dengan menerapkan protokol covid-19 yakni tetap gunakan masker, mencuci tangan dan tetap menjaga jarak, Selasa (30/6).
Kedatangan warga itu untuk menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) dalam rangka pencegahan dan penanganan virus corona.

Kepala Desa Kakaniuk, Kecamatan Malaka Tengah, Petronela Luruk ketika dikonfirmasi wartawan di Kakaniuk mengemukakan penyaluran dana BLT tahap kedua Desa Kakaniuk dilaksanakan pada akhir bulan Juni 2020.

“Undangan untuk penyaluran dana BLT kepada warga sudah kami sebarkan beberapa hari yang lalu dan hari ini kami salurkan sesuai dengan aturan yang berlaku,” katanya.

Salah satu aturan yang mesti ditaati, menurut Kades Kakaniuk yakni setiap warga yang datang menerima BLT, kami wajibkan untuk menerapkan protokol covid 19 yakni harus pakai masker, cuci tangan gunakan sabun, jaga jarak dan tes suhu tubuh di depan kantor desa.

“Bupati Malaka, dokter Stefanus Bria Seran selalu menekankan kepada kami agar di setiap kegiatan di desa, wajib taati dan penuhi protokol covid 19. Semua ini demi kebaikan masyarakat,”

Ditanya mekanisme pembayarannya, wanita yang pernah bekerja di LSM Oxfam GB ini mengatakan, sama seperti penyaluran pertama.

“Penyaluran untuk para jompo dan tuna netra yang tidak bisa berjalan, bisa diwakilkan oleh keluarga. Sehingga keluarga bisa datang langsung ke kantor desa,” ungkapnya.

Kepada warga yang menerima BLT, ibu dua putra ini mengatakan agar dana ini dipergunakan sebagaimana mestinya.

“Jangan dipakai untuk membeli minuman keras, berjudi atau juga kebutuhan lain. Tapi dipakai untuk memenuhi kebutuhan keluarga di masa penyebaran covid 19 ini,” katanya lagi.

Kades dua periode ini pun mengutarakan, sejauh pantauannya masyarakat cukup terbantu dengan program ini. (boni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *