Tebe massal Meriahkan HUT RI Di Biboki Utara

Detik-detik proklamasi memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-74 berlangsung meriah di Lapangan Umum Biboki Utara (Biut), Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU). Para pelajar dari tingkat sekolah dasar dan sekolah menengah, tokoh masyarakat, dan para pengawai negeri sipil ikut terlibat dalam upacara ini. Unik dan berkesan karena setelah upacara 17 Agustus 2019 ini, langsung diikuti dengan tebe massal dengan formasi lingkaran menggelilingi tiang bendera.

Walau upacara bendera berlangsung di bawah terik matahari yang membakar tubuh, semangat para peserta khususnya  anak-anak sekolah tidak pernah surut. Satu bentuk partisipasi yang membanggakan dan luar biasa. Keikutsertaan semia pihak menjadi satu bentuk loyalitas dalam berbangsa dan bernegara serta upaya mewujudkan nasionalisme anak bangsa.

Pasukan pengibaran bendera merah putih dibawakan oleh para pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) Lurasik. Keapikan dan ketangguhan sungguh dibuktikan dalam upacara bendera dengan semangat juang yang tinggi.

Bertugas sebagai inspektur upacara,  camat Biut, Edmundus Aluman, S.Sos. Setelah selesai upacara pengibaran bendera, ia mengaku bangga karena ada keterlibatan aktif dari masyarakat dan para pendidik serta semua kalangan yang hadir. Harapannya agar upacara bendera yang dirayakan bersama kali, semakin menambah semangat nasionalisme serta membangkitkan kerja sama dalam berbagai bidang kehidupan.
“Luar biasa karena upacara ini bisa berjalan lancar. Kiranya kerja sama sungguh menjadi bagian integral sebagai bentuk nasionalisme dalam berbangsa dan bernegara,” katanya.

Dalam memeriahkan upacara 17 Agustus tahun ini, diselenggarakan berbagai kegiatan. Salah satunya ada gerak jalan indah yang melibatkan para pelajar tingkat Kecamatan Biboki Utara serta pertandingan bola kaki.

Hadir dalam upacara ini juga Kepala Kepolisian Resort (Kapolsek) Biut, Ipda Anyer Nenobais dan ibu serta semua aparat keamanan. Upacara bendera berlangsung aman dan memberikan kesan positif yang membanggakan. (rm.ino)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *