SMPN 1 Kobalima Terus Berbenah Jadi Sekolah Bermutu di Perbatasan RI-RDTL

Malaka – Lembaga pendidikan SMPN 1 Kobalima secara perlahan namun pasti terus berbenah menjadi salah satu sekolah bermutu di kawasan perbatasan RI – RDTL.

Setelah mendapatkan predikat sebagai sekolah model, saat ini SMPN 1 Kobalima ditetapkan sebagai sekolah bermutu oleh Kementrian Pendidikan RI sesuai hasil penilaian yang diberikan kepada sekolah itu.

Semuanya itu diperoleh melalui hasil kerja keras dari seluruh komponen pendidikan dan dukungan penuh Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran melalui Dinas PKPO Kabupaten Malaka.

Kepala Sekolah SMPN 1.Kobalima, Gregorius Tuas, S.Pd mengatakan hal itu kepada wartawan disela acara Bimtek tentang Pendidikan Keluarga yang digelar Kemendikbud RI di Betun, Kamis (22/8-2019).

Kasek Goris  menjelaskan upaya untuk memajukan SMPN 1 Kobalima berangkat dari sebuah permenungan dan motivasi yang tinggi untuk melakukan penataan sekolah.

“Kami seluruh komponen pendidikan terinspirasi atas motto yang diemban Bupati SBS yakni meletakkan fondasi yang kokoh dan dinamis dalam penataan pembangunan di Kabupaten Malaka”.

“Terinspirasi motto Bapak Bupati kami tergerak dan bermimpi untuk membangun lembaga pendidikan ini agar satu saat bisa disegani di Kabupaten Malaka dan dikenal di Provinsi NTT”.

“Dalam pemikiran kami waktu itu Sekolah ini bisa maju dan berkembang bila menegakkan disiplin dalam semua aspek pendidikan”.

“Kami tidak bekerja sendiri tetapi sejak tahun 2017 semua kompomen pendidikan mulai dari sekolah, siswa dan orang tua dikumpulkan untuk menyatukan tekad dan persepsi tentang berbagai langkah yang harus ditempuh supaya sekolah ini bisa maju”.

“Tidak ada pilihan lain kita komitmen bersama untuk tegakkan disiplin sekolah bagi guru dan siswa ”

“Setiap hari pada Jam 7.15 KBM sudah dimulai. Bagi guru yang tidak siap mengajar dengan mempersiapkan perangkat pembelajaran tidak boleh mengajar di kelas”

“Sekolah secara ketat terapkan delapan standart pendidikan seperti yang dimandatkan Kemendikbud”

Alhasil, berkat kerja keras dan kerja sama dan dorongan Kadis PKPO Kabupaten Malaka SMPN 1 Kobalima dijadikan sekolah model.

“Kami senang sekali karena saat ini sekolah kami melalu SK Kemendikbud ditetapkan sebagai salah salah satu sekolah bermutu di Propinsi NTT sesuai SK Kemendikbud RI”

” Hal tersebut merupakan kebanggaan sekaligus tantangan untuk terus berbenah dari waktu ke waktu agar bisa terus meningkatkan mutu sekolah untuk menjadi yang terbaik dibidang pendidikan di kawasan perbatasan RI-RDTL” (boni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *