Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Headline

SMPK Sta. Familia Sikumana Rayakan HUT Ke-77 Secara Hikmad dan Meriah

83
×

SMPK Sta. Familia Sikumana Rayakan HUT Ke-77 Secara Hikmad dan Meriah

Sebarkan artikel ini

Kota Kupang,- Sekolah Menengah Pertama Katolik (SMPK) Sta. Familia Sikumana  merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 dalam upacara pengibaran Bendera Merah Putih secara hikmad dan berbagai acara yang meriah di Pelataran Kompleks sekolah tersebut di Bilangan Sikumana, Kota Kupang, NTT pada Rabu, 17 Agustus 2022.

Seperti disaksikan Tim Media ini, para siswa SMPK, SLTAK, SDK Sta. Familia Sikumana mulai hadir di lokasi upacara sejak Pukul 06.30 Wita. Mereka tampak bersemangat untuk mengikuti upacara Bendera di HUT Kemerdekaan RI ke-77. Ada yang tak biasa di perayaan HUT Kemerdekaan ke-77 tahun ini.

Upacara ini diikuti oleh ratusan peserta baik siswa/siswi dan guru utusan SLTA, SMP, SD, TKK yang dikelola Yayasan Gabriel Manek. Hadir pula para undangan dari Yayasan, Pengawas Sekolah, Koramil dan Babinkantibmas. Hadir juga dalam upacara itu, Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Kota Kupang, Theodora Ewalde Taek, S.Pd dan undangan lainnya.

Tampak juga Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) yang terdiri atas regu 17, regu 8 dan regu 45 yang berpakaian putih. Paskibra ini dilatih oleh aparat TNI dari Koramil Maulafa sejak awal Agustus 2022. Tampak pula paduan suara dan drum band yang telah bersiap-siap. Sementara para siswa/siswi SLTA, SMPK dan SDK Sta.  Familia Sikumana  telah berbaris rapih di pelataran tengah sekolah tersebut.

Upacara dimulai tepat Pukul 08.00 Wita dipimpin oleh seorang anggota TNI dari Koramil Maulafa dan Alak. Pembina Upacara Pengibaran Bendera dalam upacara tersebut adalah Suster Kepala SMPK Sta. Familia Sikumana, Sr. M. Annunciata Maria Sedu Oyi, PRR. Upacara diawali dengan pembacaan Teks Proklamasi Kemerdekaan RI oleh Pembina/Inspektur Upacara.

Di moment pengibaran bendera, Paskibra berpakaian putih, kopiah hitam dan bersepatu hitam tampak berbaris rapi dengan langkah tegap memasuki lapangan upacara. Hentakan kakinya yang serempak dan berirama menarik perhatian peserta upacara. Paskibra juga menunjukan kemampuan mereka dalam formasi barisan saat memasuki lapangan upacara.

Setelah Bendera Merah Putih siap dikibarkan, peserta upacara memberikan penghormatan. Pengibaran bendera diiringi lagu Indonesia Raya yang dinyanyikan oleh paduan suara diiringi musik organ.

Setelah bendera dikibarkan, peserta upacara mengheningkan cipta dipimpin pembina upacara untuk mengenang dan menghormati jasa para pahlawan. Kemudian dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila dan UUD 1945.

Dalam upacara tersebut, Pembina Upacara membacakan pidato Menteri Pendidikan. Diakhir sambutannya, Pembina Upacara meneriakkan yel-yel, diikuti teriakan seluruh peserta upacara yang membahana di kompleks sekolah itu. “Merdeka! Merdeka! Merdeka!”

Upacara ini tampak meriah ketika diakhir upacara, paduan suara menyanyikan lagu-lagu perjuangan (diiringi musik, red) dengan penuh semangat. Upacara Bendera HUT RI ke-77 di lokasi ini berlangsung khidmat dan meriah.

Usai upacara bendera, suasana semakin meriah ketika Drum Band SMPK Sta.  Familia Sikumana  melakukan display di pelataran lapangan upacara. Tabuhan drum dan alunan alat musik lainnya terdengar harmonis membawakan beberapa lagu. Lengak-lengok penarinya membuat suasana semakin meriah.

Acara kemudian dilanjutkan dengan ramah-tamah dan makan siang bersama para undangan dan seluruh peserta upacara. Tampak suasana yang akrab antara undangan, para guru dan siswa/siswi. Usai makan siang, dilanjutkan dengan pengumuman pemenang berbagai lomba antar kelas dalam menyambut HUT RI ke-77. Lomba yang diadakan antara lain, futsal, tarik tambang, makan kerupuk, gigit sendok, lari karung dan paduan suara. (tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *