SMAN Harekakae – Malaka Tetap Evaluasi Sistim Balajar Dari Rumah

SMAN Harekakae di Kabupaten Malaka terus berbenah dari waktu ke waktu terkait penerapan peradaban baru dibidang pendidikan.

Selain menerapkan Sistim pembelajaran secara tatap muka di kelas pihak sekolah tetap menerapkan sistim belajar dari rumah ( BDR) secara terstruktur dalam pengawasan guru dan orang tua.

Tentang sistim pembelajaran tatap muka sudah berjalan sesuai rencana menggunakan sistim silang. Sementara BDR sudah diberlakukan dan terus dilakukan evaluasi agar pemberlakuannya memberikan dampak positif bagi siswa dan guru.

Wakasek Kurikulum SMAN Harekakae, Marselinus Seran mengatakan hal itu kepada wartawan diruang kerjanya, Selasa (1/9-2020)

Dikatakannya, sesuai hasil rapat evaluasi dengan Pemda Malaka pihak sekolah sudah menggelar rapat dengan guru dan orang tua siswa terkait berbagai hal yang berkaitan dengan pemberlakuan tatanan peradaban baru dibidang pendidikan dan saat ini sudah berada dalam tataran implementasi di sekolah.

” Setiap hari siswa sudah mengikuti kegiatan pembelajaran secara tatap muka disekolah secara silang dan bergantian sesuai jadwal yang ditetapkan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan covid 19″

” Dibidang penerapan sistim pembelajaran dari rumah (BDR) guru sudah menyiapkan materi pembelajaran secara terstruktur yang berisi materi ajar dan penugasan yang harus dikerjakan siswa dan hasilnya harus dilaporkan siswa diakhir pelajaran melalui sarana group media sosial dan fisik pekerjaannya harus diserahkan saat siswa mengikuti pelajaran tatap muka di sekolah”

” Dalam pemberlakuan sistim BDR orang tua juga harus berperan mengawasi anaknya agar bisa melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah untuk mengerjakan berbagai materi pelajaran yang disiapkan guru”.

” Dalam rapat bersama dengan orang tua dan pihak orang tua sudah menyanggupi untuk melakukan pendampingan dan pengawasan agar siswa bisa memanfaatkan waktunya saat belajar di rumah sesuai jadwal yang ditetapkan”

” Pihak sekolah terus melakukan pemantauan dan mengevaluasi semua aktivitas BDR baik dengan pihak guru dan orang tua terkait penerapan ssistem pembelajaran BDR”

” Kita terus melakukan evaluasi untuk mengidentifikasi berbagai persoalan dan hambatan saat siswa belajar dari rumah untuk penyempurnaannya kedepan”

” Dalam pemberlakuan sistem pembelajaran BDR siswa perlu diberi pemahaman untuk belajar mandiri untuk bisa menemukan dan bukan hanya mengerjakan tugas-tugas guru untuk memenuhi formalitas”

” Para guru harus proaktif memberikan pemahaman kepada siswa terkait BDR agar siswa lebih sadar dan mandiri melakukan proses pembelajaran di rumah. Para orang tua juga harus proaktif memantau anaknya di rumah agar benar-benar melaksanakan kegiatan pembelajaran secara terstruktur saat berada di rumah”

” Guru juga diminta membuat jurnal mengajar sekaligus sebagai bukti pelaksanaan BDR dilaksanakan di rumah ”

” Pembelajaran BDR dilakukan sejak 20 Juli 2020 .
Guru menyiapkan bahan ajar dan siswa bisa membuka dan mengaksesnya di google form pada link yang memuat bahan ajar termasuk penugasan” . (boni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *