Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Headline

Serena Cosgrova Manager Tim SSB BeTA di Turnamen Nusantara Open 2022

111
×

Serena Cosgrova Manager Tim SSB BeTA di Turnamen Nusantara Open 2022

Sebarkan artikel ini

KUPANG: Setelah Presiden Jokowi mencanangkan NUSANTARA sebagai nama Ibukota Negara di Kalimantan Timur, dunia sepakbolapun diramaikan dengan penggunaan kata NUSANTARA. Rafi Ahmad pemilik RANS Cilegon United merubah nama klubnya menjadi RANS NUSANTARA FC di kompetisi Liga 1 tahun 2022.

Prabowo Subianto Menteri Pertahanan RI selama ini dikenal aktif membidangi Pencak Silat dan olahraga berkuda, rupanya diam-diam tertarik juga dengan sepakbola, dia mengaku punya cita-cita mendirikan klub sepak bola usai pensiun dari jabatannya. Nama klubnya pun sudah disiapkan, NUSANTARA UNITED. Hal ini disampaikan Prabowo saat memberikan orasi ilmiah di depan para wisudawan Universitas Pancasila, Jakarta, Selasa (7/6/2022).

“Saya kalau pensiun (jadi) Menteri Pertahanan, mungkin cita-cita saya ingin mendirikan klub sepak bola. Namanya sudah ada, NUSANTARA UNITED. Jadi itu tugas hidup saya yang masih mengganjal,” kata Prabowo, dikutip dari channel YouTube Universitas Pancasila.

Bagi Prabowo, sepakbola penting, karena harga diri bangsa dan rakyat Indonesia. Tekat saya harus masuk piala dunia, ungkapnya di Bandung pada suatu kesempatan kala itu.

Untuk membuktikan ucapannya, Prabowo telah menginisiasi “TURNAMEN NUSANTARA OPEN “ yang akan diselenggarakan pada 2 – 16 Juli di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor. Turnamen ini akan diikuti pemain U-17 dalam rangka mencari pemain dari seluruh Nusantara kelak akan dibentuk menjadi tim masa depan Indonesia.

Serena Cosgrova Francis Manager Tim SSB BeTA

Sekolah Sepak Bola (SSB) Bintang Timur Atambua (BeTA) yang berada di Kabupaten Belu perbatasan Indonesia-Timor Leste menjadi satu-satunya SSB di NTT yang ditunjuk mengikuti TURNAMEN NUSANTARA OPEN 2022. SSB milik mantan Ketua Komisi V DPR RI dan pennggiat sepakbola Fary Djemi Francis selama ini dikenal produktif mencetak pemain muda di NTT. Tidak heran karena inilah satu-satunya SSB dengan dukungan fasilitas lengkap, mulai dari venue, peralatan fitness hingga pelatih berlisensi A AFC, bahkan sebelumnya SSB BeTA pernah ditangani pelatih berlisensi A Pro UEFA asal Belanda, Bert Pentury.

Dipilihnya Sekolah Sepak Bola (SSB) Bintang Timur Atambua (BeTA) sebagai salah satu peserta dari timur Indonesia, bagi owner BeTA Fary Djemi Francis adalah satu kehormatan, dan layak karena BeTA merupakan SSB yang potensial membina anak-anak di perbatasan NTT-Timor Leste.

Untuk itu dia telah menunjuk Serena Cosgrova Francis, yang juga menggemari sepakbola seperti dirinya, untuk memimpin BeTA ke Turnamen Nusantara Open. Alumni Hubungan Internasional UI dengan predikat Cumlaude selama ini dikenal aktif dalam kegiatan peduli lingkungan bersama WWF (World Wide Fund for Nature) dan Timor Foundation. Gadis kelahiran 20 September 1999, dikenal gemar bermain Basket, pernah menjurai Basket Pelajar NTT tahun 2016 bersama SMAN 3 Kupang.

“Tim SSB BeTA Atambua, akan dilatih Coach Maman Suryaman, saya sebagai Manejer tim akan bertanggung jawab terhadap kebutuhan tim”, tutur Serena dari balik teleponnya (8/6/22).

Coach Maman sudah mulai melakukan seleksi pemain, beberapa pemain kita panggil dari SSB di Kota Kupang, ada juga dari luar Kota Kupang. Nanti kita pilih bakat-bakat muda yang terbaik, doakan semoga dari NTT bisa tampil baik, walaupun yang dihadapi adalah tim elit pro akademi Liga 1 seperti Persib Bandung, Persebaya, Arema, Persija, Persipura hingga Bali United, lanjut alumni Cambridge Universty yang sat ini aktivif di Pengurus Pusat Tunas Muda Indonesia Raya (TIDAR).

Fary Francis yang juga Komisaris Utama PT. ASABRI menambahkan, Tim dari SSB hanya dari Bintang Timur NTT, Pakuan Jawa Barat, Jakarta ada, juga dari Ternate. Sisanya adalah tim liga 1 Indonesia.

“Para pemain yang dipanggil nantinya akan di seleksi lagi oleh pelatih kepala pada akhir bulan ini,” tambah Ketua Umum Indonesia Football Forever.

Karena itu ia berpesan agar para pemain yang terpilih nanti bisa memanfaatkan momentum tersebut untuk menimba ilmu selama turnamen berlangsung bahkan berpotensi dilirik oleh klub-klub liga 1 Indonesia.

Bahkan nantinya jika ada yang bermain bagus akan dipanggil untuk masuk dalam pendidikan khusus dalam Akademi Nusantara.

Untuk diketahui sejumlah tim yang akan bertanding dalam turnamen itu berjumlah 16 tim. 16 tim itu antara lain Persib, Pakuan, PSIS Semarang, PSS Sleman, Persis Solo, Persebaya, Arema, Persela, Jakarta United, Persija Jakarta, Bintang Timur Atambua, PSMS Medan, PSBL Langsa, Persiter Ternate, Persipura dan Bali United. ( fw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *