Senin, Semua SMA di Malaka Uji Coba KBM Secara Tatap Muka di Sekolah

Senin, (10/8-2020) seluruh Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Malaka menggelar uji coba sistim pembelajaran secara tatap muka di kelas dengan menerapkan protokol kesehatan Covid 19.

Sekolah akan menerapkan sistim belajar silang bagi semua tingkatan kelas dengan memberlakukan setiap minggu setiap kelas tatap muka selama dua hari secara bergantian dan selebihnya siswa yang tidak masuk kelas akan mengerjakan tugas terstruktur di rumah dalam pengawasan guru bidang studi.

Kepastian uji coba kegiatan pembelajaran secara tatap muka di kelas itu setelah dilakukan rapat koordinasi antar 32 Kepala Sekolah SMA se Kabupaten Malaka di SMAN Malaka Barat, Jumat (7/8-2020).

Ketua MKKS Kabupaten Malaka, Antonius Atok Tahuk, SPd mengatakan hal itu kepada wartawan diruang kerjanya, Sabtu (8/8-2020).

” Kemarin kita sudah gelar rapat dengan 32 Kepala Sekolah SMA Negeri /Swasta Se Malaka dan kita putuskan untuk segera menggelar uji coba pembelajaran tatap muka di Sekolah mulai Senin depan”

” Kita gelar rapat itu untuk menyatukan persepsi dan pandangan terkait pemberlakuan kegiatan pembelajaran di sekolah secara tatap muka sesuai arahan Bupati Malaka dalam rapat evaluasi lalu”

” Dari hasil rapat yang digelar semua sekolah mengatakan sudah menyiapkan sarana/prasarana pendukung untuk penerapan protokol Covid 19 seperti alat pengukur suhu tubuh, tempat cuci tangan dan sabun, masker untuk siswa dan guru serta persiapan ruangan untuk KBM”

“Setiap kepala sekolah dalam rapat itu mengatakan sudah melakukan latihan dan simulasi bersama siswa dan guru di sekolah terkait tata cara saat memasuki sekolah, apel pagi, masuk kedalam kelas hingga saat pulang sekolah”

” Para kepala sekolah juga mengatakan sudah minta persetujuan orang tua siswa terkait rencana pembelajaran dimaksud”

” Rata-rata Sekolah masuk Pukul 7.30 Wita dan keluar 11.30 Wita dan tidak ada jam istrahat. Mulai pukul 6.30 para siswa sudah memasuki halaman sekolah dan langsung terapkan protokol Covid 19 hingga masuk kelas dengan tetap mempertahankan jaga jarak”

” Untuk tenggang waktu pulang akan diatur supaya hindari kerumunan saat pulang atau saat menunggu kendaraan”

” Pembelajaran secara tatap muka di kelas untuk Mata Pelajaran UN dan Pemintan. Sementara untuk pembelajaran Non UN digelar dengan penugasan terstruktur yang dikerjakan siswa di rumah.”

” Sesuai arahan Bupati Malaka dalam rapat Evaluasi di Kabupaten maka kita sepakat untuk gelar uji coba di masing-masing sekolah, selanjutnya sekolah akan membuat catatan-catatan selama masa uji coba itu guna dievaluasi secara terus menerus guna penyempurnaannya” (boni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *