Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
HeadlineLintas Provinsi

Semarak Pawai Ta’aruf MTQH, Gubernur Kepri Ajak Warga Bintan Wujudkan Masyarakat Qur’ani

50
×

Semarak Pawai Ta’aruf MTQH, Gubernur Kepri Ajak Warga Bintan Wujudkan Masyarakat Qur’ani

Sebarkan artikel ini

Radarmalaka.com, Bintan – Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad menghadiri Pawai Ta’aruf Musabaqah Tilawatil Qur’an dan Hadits (MTQH) ke-XIII Tingkat Kabupaten Bintan Tahun 2024 yang dilaksanakan di Depan Gedung Lembaga Adat Melayu (LAM) Bintan, Kecamatan Bintan Timur, pada Senin, 22 April 2024.

Meskipun cuaca terik, semangat para kafilah utusan kecamatan se-Kabupaten Bintan tidak surut dalam acara yang mengangkat tema ‘Mewujudkan Kolaborasi Menuju Kabupaten Bintan yang Qur’ani’. Kafilah Kecamatan Gunung Kijang menjadi yang pertama dalam barisan pawai ta’aruf.

Tampak hadir Ketua TP-PKK Kepri, Dewi Kumalasari, Bupati Bintan Roby Kurniawan, Ketua TP-PKK Bintan Hafizha Rahmadhani, Wakil Bupati Bintan Ahdi Muqsith, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Bintan, dan para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Bintan.

Selain iring-iringan kafilah yang diisi dengan berbagai atraksi seperti drum band, pembawa bunga telur dan bunga manggar sebagai tanda kebesaran Melayu, dan pencak silat, juga ada iring-iringan kendaraan hias.

Dalam acara itu, Ansar juga berjoget Dangkung bersama warga Kelurahan Sei Enam, yang masuk dalam barisan kafilah Bintan Timur.

Usai acara, Ansar mengungkapkan kebanggaannya untuk semangat dan dedikasi para kafilah dalam acara MTQH ini.

“Kegiatan ini bukan hanya tentang kompetisi, tetapi juga tentang bagaimana kita, sebagai umat beragama, dapat berkolaborasi untuk menciptakan masyarakat yang lebih baik melalui nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Qur’an dan Hadits,” ujar Ansar.

Dia berharap acara MTQH ini nantinya dapat menjadi momentum untuk memperkuat identitas sebagai bangsa yang besar dengan akar budaya yang kuat.

“Mari kita teruskan tradisi ini dan menjadikan Kabupaten Bintan sebagai contoh bagi daerah lain dalam mewujudkan masyarakat yang Qur’ani,” ungkapnya.

Ansar mengucapkan rasa hormat dan kebanggaannya yang mendalam atas partisipasi para peserta Musabaqah Tilawatil Qur’an dan Hadits.

Menurutnya, para peserta adalah generasi penerus yang akan membawa estafet pembangunan karakter bangsa melalui nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Al-Quran dan Hadits.

“Saya harap, melalui ajang ini, kita dapat mengambil hikmah dan pelajaran untuk senantiasa mengamalkan ajaran-ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari. Mari kita jadikan MTQH ini sebagai wadah untuk saling bertukar ilmu dan pengalaman serta mempererat tali silaturahmi antar umat,” pungkasnya.

Editor: Budi Adriansyah
Penulis: Ron