Menu

Mode Gelap

Regional · 24 Apr 2022 09:35 WITA

SBS : Sistem Rujukan 2H2 Center Terbukti Mampu Topang dan Selamatkan Ribuan Ibu Hamil


					SBS : Sistem Rujukan 2H2 Center Terbukti Mampu Topang dan Selamatkan Ribuan Ibu Hamil Perbesar

Pakar Kesehatan Provinsi NTT, dr. Stefanus Bria Seran, MPH mengatakan praktek Revo KIA berupa 2H2 Center di Flores Timur dan Mama Boi di Rote Ndao telah menunjukkan hasil yang membanggakan selama 11 tahun beroperasi. Dalam rentang waktu tersebut, sistem rujukan 2H2 Center terbukti mampu menopang dan menyelamatkan sekitar 28.000 ibu hamil.

Untuk H2H Center di Kabupaten Flores Timur sudah diangkat ke tingkat nasional dan mendapat penghargaan dalam inovasi penekanan angka kematian ibu dan anak saat melahirkan.

Hal itu disampaikan dr. Stefanus Bria Seran, MPH (SBS) yang hadir sebagai narasumber dalam acara Media Breafing yang diselenggarakan USAID MOMENTUM. Acara yang melibatkan 30 media di Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) tersebut diselenggarakan di Hotel Aston Kupang, Sabtu (23/04/2022). Program tersebut bertujuan untuk meningkatkan peran media dalam memperkuat sistem rujukan berbasis masyarakat dan kompetensi untuk menyelamatkan ibu dan bayi di NTT.

Dalam kesempatan tersebut, dokter SBS yang adalah pencetus Revolusi Kesehatan Ibu dan Anak (Revo KIA) ini mengatakan, kita tidak boleh membiarkan seorang perempuan meninggal dalam menjalankan tugas kodratinya sebagai seorang ibu.

“Itu tidak boleh terjadi. Maka kita melakukan Revolusi Kesehatan Ibu dan Anak”, ujar dokter SBS sebagaimana dilansir dari NusaFlobmora.com, Sabtu (23/04/2022).

Menurut Bupati Perdana Malaka ini, melahirkan seuatu yang besar untuk kepentingan manusia, mulai dari mimpi saja sudah bagus. Generasi berikut akan melanjutkan nantinya.

“Ternyata dalam pelaksanaannya, teman-teman melaksanakannya dengan inovasi yang luar biasa dan hebat sekali. Baik dari Flores Timur maupun dari Rote Ndao,” lanjutnya.

Dalam kesempatan yang sama, Chief Of Party Momentum Country Global and Leadership, Djoko Soetikno mengatakan, salah satu point utama dari acara media briefing adalah menyoroti pentingnya memperkuat sistem rujukan yang diterapkan secara berkelanjutan dan terbukti dapat menyelamatkan ibu dan bayi.

Menurut dia, peran media sangat penting agar keberhasilan dan keberlanjutan inisiatif lokal seperti 2H2 Center di Kabupaten Flores Timur dan Mama Boi di Kabupaten Rote Ndao dan sistem rujukan di kabupaten lain menjadi bagian dari agenda pemerintah khususnya dalam acara Musrenbang yang akan diadakan tanggal 25 April 2022.

MOMENTUM Country and Global Leadership, lanjut dia, adalah bagian dari Program Inovasi USAID yang memberikan bantuan teknis dan pengembangan kapasitas kepada pemerintah dan organisasi non- pemerintah lokal untuk memperkuat kepemimpinan global, pembelajaran dan menghasilkan intervensi berbasis bukti. Diantaranya adalah Pendampingan Rumah Sakit, Supervisi Fasilitatif, Audit Maternal Perinatal dan Pokja Integrasi Pencegahan Sunting dan Penurunan Angka Kematian Ibu dan Bayi Baru Lahir.

USAID MOMENTUM terus berupaya untuk memperkuat kinerja 2H2 Center dengan WhatsApp center dan dukungan kebijakan. Pencapaian dari kerjasama USAID
MOMENTUM dengan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten NTT juga turut dihadirkan dalam acara ini.

Sejak tahun pertama pelaksanaan proyek, MOMENTUM telah melibatkan pemangku kepentingan utama di tingkat Nasional, provinsi dan kabupaten dalam upaya peningkatan kualitas layanan Ibu dan Bayi Baru Lahir.*(JoGer/boni)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 537 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Mulai Terkuak !!!! Calon Pengurus Baru DPAC Malaka Diusulkan Egi Atok – Hasil Rapat Tim Verifikasi Tertuang di Berita Acara

15 Mei 2022 - 14:10 WITA

Bantuan Bencana Seroja Malaka Diprediksi Realisasi Fisik Juni

14 Mei 2022 - 23:31 WITA

Penyerahan SK DPAC Partai Demokrat Kabupaten Malaka Periode 2022 – 2027 Nyaris Ricuh

14 Mei 2022 - 19:52 WITA

DPD II Partai Golkar Malaka Rapatkan Barisan Amankan Instruksi Partai Golkar Provinsi NTT

14 Mei 2022 - 13:02 WITA

Polres Malaka Harus Profesional Tangani Kasus Kekerasan Sexual di Malaka -NTT

12 Mei 2022 - 11:05 WITA

Pemda Malaka Harus Perhatikan Teguran KPK Soal Realisasi Belanja Modal 2022 Masih Nol Persen

10 Mei 2022 - 01:13 WITA

Trending di Headline