SBS : Rinhat Itu Daerah Potensi – Harus Dikelola Untuk Percepatan Kesejahteraan dan Kemakmuran Rakyat

Kecamatan Rinhat di Kabupaten Malaka – Provinsi NTT merupakan salah satu dari 12 Kecamatan di Kabupaten Malaka menyimpan sejumlah potensi yang bisa dikembangkan untuk percepatan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat di daerah itu

Dari topografi wilayahnya termasuk daerah pegunungan dengan hamparan luas sehingga rata-rata mata pencaharian masyarakat bisa bersumber dari pertanian lahan kering dan peternakan.

Dari luasnya hamparan disana bisa dikembangkan menjadi sumber penghasil daging sapi dan kambing serta hasil hutan lainya seperti kayu jati dan asam. Tanaman perkebunan yang dapat dikembangkan disana berupa kemiri dan mente.

Namun akses jalan di wilayah itu perlu dibangun. Setelah akses jalan dari Biudukfoho – Bo’en dibangun banyak kemajuan dan perubahan yang terlihat karena roda ekonomi masyarakat bisa lacar lantaran lancarnya akses transportasi barang dan orang yang melintas di daerah itu. Rakyat bisa mengangkut hasilnya dengan mudah dan lancar serta tidak menghabiskan anggaran untuk biaya transportasi.

Calon Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran mengatakan hal itu kepada wartawan di kediaman Haitimuk – Malaka, Selasa (6/10-2020) malam ini.

Bupati perdana Malaka itu mengungkapkan kegembiraannya bisa berkunjung di dua dusun yang paling terpencil di Rinhat yakni Nitmalak dan dusun Wesukabi di Desa Wekeke yang langsung berbatasan dengan Kabupaten TTU dan TTS.

” Banyak PR yang harus diurus disana tetapi yang harus diprioritaskan itu pembangunan infrastruktur jalan untuk melancarkan akses rakyat dan program lainnya akan mengikuti”

” Salah satu agenda penting yang perlu mendapatkan penanganan yakni pemekaran Kecamatan Rinhat menjadi dua Kecamatan . Rencana itu sudah diusulkan Pemda Malaka di Pusat dan masih berproses. Rinhat sangat layak untuk dimekarkan karena terdiri dari 20 desa sehingga bisa dibagi dua, setiap kecamatan terdiri dari 10 desa”

” Tadi masyarakat desa Wekeke minta untuk dibangun satu buah Puskesmas Pembantu dan bisa dipenuhi karena berada paling jauh dari pusat kabupaten, juga langsung berbatasan dengan Kabupaten tetangga TTU”

” Dibidang pendidikan warga disana tadi meminta tambahan ruang belajar untuk sekolah dan dipenuhi guna menunjang pendidikan di daerah itu”

” Tadi masyarakat juga meminta perluasan jaringan listrik dan saya katakan akan dikoordinasikan karena soal Listrik itu diurus oleh lembaga lainnya sehingga pemerintah sesuai kewenangan yang dimiliki membangun koordinasi dengan mereka sehingga kebutuhan warga dapat terpenuhi, karena salah satu program dari Bapak Presiden Jokowi adalah indonesia terang” ( boni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *