Sapi Bantuan Pemerintah Mulai Didistribusikan Kepada Kelompok Penerima

Malaka – (adv) Sapi bantuan dari Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan mulai didistribusikan kepada kelompok penerima manfaat.

Hingga berita diturunkan sudah ada dua kelompok yang menerima bantuan itu. Tiga kelompok penerima lainnya siap didistribusikan minggu depan.

Diharapkan sapi-sapi yang diterima dipelihara dengan baik untuk meningkatkan kesejahteraan para penerima manfaat.

Hal itu disampaikan Kadis Ketahanan Pangan Kabupaten Malaka, drh. Rofinus Seran kepada wartawan di Betun, Senin (16/12-2019).

Rofinus mengatakan saat ini pihaknya sementara melakukan persiapan untuk pendropingan ke satu kelompok lagi yakni kelompok Teratai – desa Weain – Kecamatan Rinhat.

” Terjadwal dalam minggu ini kita selesaikan pendistribusian ke dua kelompok yang tersisa yakni kelompok Karya Rakyat dan Kelompok Fuik Laran”.

Dijelaskannya selama dua hari terakhir pihaknya melakukan kegiatan pemeriksaan kesehatan ternak sapi bantuan dari Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan oleh Tim Gabungan yakni Tim dari BBPTU -,HPT Baturraden di pimpin Akhmad Marsudi ( Lasikun, Supono,Situ) dan Tim dari Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan ( Bidang Peternakan) dipimpin Kasie Pembibitan, Alolinus Luan Kali ,SST ( Arnol, Oktus, drh.Wiky, drh. Handry, drh Ciko).

Kegiatan pemeriksaan kesehatan ternak dipantau langsung Kadis Ketahanan Pangan dan Perikanan Kab. Malaka ,drh. Rofinus Seran Bria.

Hadir pula penyedia ternak sapi dari CV. Dua Putra Perkasa di bawa pimpinan Yudi dan rekannya Vinsen.

Pemeriksaan kesehatan ternak yang harus sesuai dengan spek Dirjen Pusat yakni pengukuran tinggi badan harus 105 cm, umur 2 – 3 tahun ditandai dengan jumlah gigi minimal 2 pasang. Pengambilan sampel darah harus negatif pertanda sapi bebas dari penyakit, secara klinis sapi sehat. (adv/boni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *