RSUPP Betun Rencana Bangun  Gedung Rawat Inap Lantai 3  Untuk Layani Ibu dan Anak

Jajaran management RSUPP Betun di Kabupaten Malaka – Provinsi NTT perlahan namun pasti terus berbenah dari waktu ke waktu melengkapi sarana prasarana penunjang kelengkapan rumah sakit.

Tahun 2021 sarana  rawat inap bersalin dibangun dengan anggaran senilai Rp 35 Miliyard.

Direncanakan  rumah sakit ini fokusnya untuk memperhatikan  kesehatan ibu dan anak, karena prinsipnya manusia itu bisa sehat kalau dari bayinya sudah dijaga kesehatan mereka dengan baik.

Hal itu disampaikan Direktur RSUPP Betun, dr Oktelin Kiswadie kepada wartawan diruang kerjanya, Kamis (1/10-2020).

Dijelaskannya, melalui dengan memperhatikan kesehatan ibu dan anak maka anak-anak yang dilahirkan akan bertumbuh menjadi manusia-manusia yang  berkualitas kalau kesehatan ibu dan bayinya baik.

” Bagaimana dia bisa menjadi manusia yang hebat, bisa menjadi presiden kalau disaat melahirkan kejang-kejang , tidak dirawat dengan baik pasti akan menjadi anak yang tidak sehat dan tidak pintar. Tapi kalau sementara hamil ibunya muntah-muntah lalu  dirawat dengan baik pasti kesehatan ibu dan anaknya aka baik”

” Kita rencanakan bangun di belakang ruang persalinan. Ada lapangan kosong disitu kita bangun 3 lantai. Nanti kita akan satukan disitu, ruang rawat inap untuk bersalin, kita belum punya ICU untuk bayi-bayi dan anak-anak , terus ada PCU dan MCU, ICU untuk bayi dan anak kemudian untuk kamar bersalin”

Ketika ditanya wartawan terkait pembangunan rumah sakit rawat jalan dr Oktelin kepada wartawan mengatakan status di pusat masih  discuss di aplikasinya.

” Discuss itu artinya mereka masih pertimbangkan. Mekanisme anggaran itu kalau ada dana lebih mereka prioritaskan, tapi kalau misalnya dananya pas-pasan maka akan mereka prioritaskan pada  rumah sakit yang sangat   membutuhkan karena ini untuk kebutuhan rumah sakit  seluruh indonesia pak. Mungkin ada rumah sakit yang membutuhkan jadi di pending”

” Harapan kita selama   5 tahun kedepan  rumah sakit ini sudah  engkap. Dan  status rumah sakitnya  bisa naik ke  tipe B  karena sudah memenuhi standard” (ichal buga)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *