RSUPP Betun Gelar Donor Darah Keliling Instansi Pemerintah Dengan Mobil Unit Donor Darah

Malaka (Advertorial) – Rumah Sakit Umum Penyanggah Perbatasan ( RSUPP) Betun menggelar kegiatan donor darah keliling instansi Pemerintahan di Lingkup Pemerintah Kabupaten Malaka.

Kegiatan donor darah diluar gedung itu menggunakan mobil unit donor darah, diluncurkan di Malaka pertama kali pada tanggal 17 Agustus 2019. Hingga saat ini donor darah keliling sudah mengelilingi sepuluh dinas teknis dan kedepannya tetap keliling pada semua instansi pemerintah.

Hal itu disampaikan Direktur RSUPP Betun melalui Kepala Instalasi Lab RSUPP Betun  , dr. Maria Shandy Sp. PK kepada wartawan disela pelaksanaan kegiatan donor darah keliling di Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Malaka, Jumat (13/12-2019).

Dikatakannya, mobil unit donor darah ini merupakan kegiatan luar gedung untuk memenuhi kebutuhan donor darah bagi pasien-pasien rumah sakit yang membutuhkan.
Selain ada kegiatan dalam gedung kita alokasikan waktu untuk kegiatan luar gedung untuk mencari donor sukarela.

Maria menjelaskan bagi pendonor harus memenuhi persyaratan sesuai ketentuan baik dari aspek kesehatan diantaranya pendonor tidak boleh memiliki penyakit tertentu, tidak boleh hb rendah, tidak boleh ada tato, tekanan darah harus normal, tidak boleh minum sopi dan sejumlah persyaratan lainnya.

” Dengan semakin bertambahnya pasien yang datang minta pertolongan di rumah sakit maka permintaan darah semakin tinggi sehingga berbagai upaya tetap kita lakukan untuk memenuhi kebutuhan darah itu”.

Dijelaskannya, donor darah itu sangat bermanfaat selain bisa membantu para pasien yang sakit juga sangat bermanfaat bagi para pendonor karena donor darah itu menyehatkan para pendonor.

“Kita punya darah erittrocit setiap tiga bulan hancur dan menjadi produk beracun yang harus dikeluarkan. Kalau eritrocit itu selalu diambil dan diperbaruhi maka pendonor tetap sehat karena erittrocit selalu diperbaharui sehingga kemampuan ikat oksikgen ke seluruh jaringan tubuh akan lebih baik”.

“Melalu kegiatan donor darah para calon pendonor bisa melakukan deteksi dini terhadap kondisi kesehatannya secara teratur termasuk cara untuk mengatasinya secara dini karena selalu discreening”.

“Bagi para pendonor yang mau mendonorkan darahnya bisa langsung datang ke RSUPP Betun untuk dilayani petugas atau bagi pendonor yang mau bisa difasilitasi ke RSPP Betun untuk mendonorkan darahnya”.

” Kedepannya kita ingin membuka kerja sama dengan lembaga-lembaga dan organisasi keagamaan atau kepemudaan lainnya untuk bisa menjadi pendonor”

“Kita tetap melakukan sosialisasi agar rakyat mengetahui dampak positif dari donor darah. Selain menolong orang lain para pendonor bisa mendapatkan manfaat dari mendonor secara teratur”.

” Hingga saat ini animo masyarakat cukup tinggi untuk mendonorkan darahnya tetapi untuk menjadi pendonor harus memenuhi persyaratan bagi pendonor dan pasien”.

” Untuk bisa menghasilkan darah yang bagus maka penyuluhan gizi bagi masyarakat perlu dilakukan supaya bisa mengetahui pola makan yang sehat bagi masyarakat”.

Kadis DKPP Kabupaten Malaka, drh Rofinus Seran dalam kesempatan donor darah di kantor yang dipimpinnya kepada wartawan mengatakan sangat senang dengan kegiatan donor darah keliling yang digelar RSUPP Betun.

” Ini bentuk kepedulian kita dari seluruh pegawai di Dinas.
Semua ASN sangat antusias memeriksakan dirinya untuk menjadi calon pendonor”

“Kita berharap setetes darah yang kita berikan bisa menyelamatkan pasien yang membutuhkan”. ( Adv/ .boni atolan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *