Roberto Taruk : Dewan Bukan Musuh Pemerintah

Malaka – Dewan bukan musuh pemerintah tetapi mitra pemerintah dalam pelaksanaan roda pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat melalui tiga tugas dan fungsi dewan yakni legislasi, budgeting dan controling.
Jadi kalau ada orang yang komen bilang Dewan itu harus jadi musuh atau berseberangan dengan pemerintah itu pemikiran yang keliru yang harus diluruskan agar tidak menyesatkan.

Justru dewan itu harus bermitra dengan pemerintah melalui bidang tugasnya sehingga bisa memberikan yang terbaik bagi rakyat.

Hal itu disampaikan Anggota DPRD Kabupaten Malaka dari Partai Kebangkitan Bangsa, Paulo Roberto Taruk kepada wartawan disela acara Apel Kesadaran Desa dan Aparat Desa Se Kecamatan Malaka Barat di Desa Besikama, Rabu (13/11-2019).

Dikatakannya, walau dirinya baru dilantik menjadi anggota DPRD Kabupaten Malaka namun dirinya harus bisa menjalankan amanat rakyat melalui bidang tugas yang diembannya.

“Untuk menjalankan tugas sebagai anggota dewan kita tidak jalan sendiri tetapi harus bermitra dengan pemerintah supaya proses pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat di Kabupaten Malaka bisa berjalan sukses dan lancar”

” Itu khan sudah jelas bahwa yang namanya Pemerintahan itu sesuai aturan yang baru terdiri dari eksekutif dan legislatif. Jadi keberhasilan pemerintahan itu merupakan keberhasilan bersama. Begitupun kalau gagal bukan hanya eksekutif atau legislatif yang gagal saja tetapi kedua lembaga itu gagal”

” Jadi supaya pemerintahan itu berhasil maka harus ada kerja sama yang baik antara eksekutif dan legislatif sehingga kemitraan antara kedua institusi itu mutlak diperlukan”

” Jadi kita jangan salah kaprah dengan istilah kemitraan yang dibangun antara legislatif dan eksekutif. Yang jelas Dewan itu bukan eksekutor sehingga dalam menjalankan tugas harus sesuai tugas dan fungsi serta tidak mengambil alih tugas eksekutif”

” Kemitraan itu jangan dibaca bahwa tidak ada kontrol tetapi kemitraan yang baik itu dewan tetap menjalankan fungsi kontrolnya sejauh untuk perbaikan kinerja eksekutif yang semuanya harus bermuara untuk percepatan kemakmuran rakyat” (boni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *