Ritual Adat Hamis Batar di Malaka – Warga Desa Rabasa -Malaka Barat Terima Sirih Pinang Pemali di Rumah Masing- Masing

Warga Desa Rabasa dI Kecamatan Malaka Barat – Kabupaten Malaka terima sirih pinang Pemali dalam acara Hamis di rumah masing-masing .

Warga tidak berduyun -duyun ke rumah pemali untuk terima sirih pinang seperti biasanya tetapi sirih pinang diantar Ketua Suku atau orang tua adat yang berkompeten dalam pelaksanaan ritual hamis ke rumah penerima.

Keputusan itu diambil untuk menghindari kerumunan massa pada saat acara hamis di rumah adat seperti instruksi Gubernur NTT dan himbauan Bupati Malaka dan Forkopimcam Malaka Barat dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid 19.

Penjabat Kepala Desa Rabasa, Agus Nahak mengatakan hal itu saat dikonfirmasu wartawan, Minggu (29/3-2020) malam ini.

Kades Agus mengatakan sebelum pelaksanaan acara Hamis di rumah adat pihaknya sudah membangun komunikasi dengan para fukun, ferik dan katuas di masing-masing rumah adat agar teknis pelaksanaan acara hamis di rumah adat disederhanakan dan tidak mengumpulkan banyak warga guna memutus mata rantai penyebaran Covid 19.

” Dalam pantauan kami di desa dalam pelaksanaan acara hamis tahun ini warga desa Rabasa tidak ke rumah adat tetapi hanya menunggu di masing-masing rumah untuk menerima sirih pinang sesuai hasil keputusan bersama di desa”

” Kita bersama seluruh aparat desa tetap melakukan pemantauan agar acara hamis tahun ini warga tetap berada di rumah dalam lingkungan desa sambil menunggu sirih pinang pemali yang diantar orang tua adat”
Ketika dikonfirmasi wartawan terkait adanya warga luar Malaka yang datang ke desa, kades Agus mengatakan hingga saat ini belum ada kunjungan orang asing atau orang dari luar Malaka yang datang ke wilayahnya.

” Persoalan terkait kunjungan orang dari luar Malaka yang datang ke desa tetap dipantau unruk dilaporkan agar mendapatkan penanganan lebih lanjut”

” Itu sesuai hasil keputusan bersama dalam Forkopimcam Malaka Barat baik oleh Camat, TNI, Polri serta Pimpinan Agama setempat bersama para kepala desa”

” Instruksi dari Gubernur NTT dan himbauan Bupati Malaka sangat jelas sehingga tinggal dijabarkan dan diimplementasikan di desa” (boni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *