Puskesmas Besikama Tetap Gelar Sosialisasi Eliminir Penyakit Demam Berdarah

Malaka – Puskesmas Besikama di Kecamatan Malaka Barat tetap menggelar sosialisasi untuk mengiliminir penyakit demam berdarah.

Sosialisasi itu dilakukan setiap hari saat pasien berkunjung berobat di Puskesmas dan saat pelaksanaan kegiatan Posyandu di desa-desa termasuk siaran keliling yang dilakukan petugas diwilayah kerja Puskesmas Besikama.

Pelaksanaan sosialisasi itu dimaksudkan agar masyarakat dapat memahami pentingnya kebersihan lingkungan termasuk mengetahui penyebab dan cara mengatasi serangan nyamuk DB.

Kepala Puskesmas Besikama melalui Pengelola Program DBD, Maria Yosefina Rika mengatakan hal itu di Besikama, Selasa (18/2-2020).

Dikatakannya, pelaksanaan sosialisasi dan penyuluhan itu penting dilakukan untuk memberikan penyadaran dan informasi kepada masyarakat supaya bisa mengantisipasi serangan nyamuk DB termasuk pencegahannya.

” Dalam tahun 2020 Puskesmas Besikama ada dua kasus di desa Motaulun tepatnya dusun Motaulun Dato dan sudah mendapatkan penanganan di RSUPP Betun . Pasiennya sudah sembuh dan kemarin sudah pulang ke rumah”

” Petugas kita sudah ke lapangan melakukan foging di lokasi kejadian, setelah diamati tempat tinggal mereka ditumbuhi belukar yang menjadi sarang nyamuk dan petugas sudah melakukan penyemprotan pada beberapa rumah di wilayah itu”

” Sesuai arahan dinas dan Kapus kita lakukan penyuluhan bagi masyarakat supaya memiliki pemahaman yang sama untuk menjaga kebersihan lingkungan”

” Lebih baik kita jaga kebersihan lingkungan rumah supaya terhindar dari serangan nyamuk DB ketimbang sudah sakit baru diobati” (boni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *