Puluhan Hektar Tanaman Jagung Warga Desa Rabasa – Malaka Terendam Banjir Kali Wemean

Puluhan hektar lahan jagung dan ubi kayu di desa Rabasa – Kecamatan Malaka Barat – Kabupaten Malaka terendam banjir kali Wemean.

Banjir yang terjadi karena luapan kali Wemean yang membobol tanggul karena ada kebuntuan dan penumpukan material banjir pada ujung tanggul yang belum dinormalisasi hingga laut.

Akibat luapan itu dua puluhan hektar tanaman jagung dan ubi milik masyarakat rusak dan terancam gagal panen.

Pemerintah desa sudah melaporkan kejadian ini kepada pemerintah melalui dinas teknis terkait untuk penanganan lebih lanjut.

Pj Kepala Desa Rabasa – Kecamatan Malaka Barat, Agus Nahak kepada wartawan mengatakan hal itu di Rabasa, Senin (16/3-2020)

Dijelaskannya, penyebab jebolnya tanggul karena ada penumpukan material banjir di ujung saluran yang belum dinormalisasi hingga pembuangan terakhir dilaut.

” Ujung saluran ada penumpukan material banjir dan buntu sehingga air meluap keluar tanggul dan membuat aliran sungai baru yang merusak lahan pertanian masyarakat”

” Saluran jebol sepanjang 50 meter lebih di titik Weleki dan membuat alur sungai baru menuju ke wilayah desa Rabasa melewati lahan pertanian antara dusun Laenfau dan lokasi tambak garam PT IDK di desa Rabasa”.

” Pemerintah desa sudah melaporkan soal jebolnya tanggul dan rusaknya puluhan hektar tanaman pertanian kepada pemerintah melalui dinas teknis terkait untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut” (boni )

.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *