Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
HeadlineLintas Provinsi

Proklim Lestari di Kelurahan Bukit Cermin: Percontohan Pelestarian Lingkungan Hidup yang Menginspirasi

62
×

Proklim Lestari di Kelurahan Bukit Cermin: Percontohan Pelestarian Lingkungan Hidup yang Menginspirasi

Sebarkan artikel ini

Radarmalaka.com, Tanjungpinang – Pemerintah Kota (Pemkot) Tanjungpinang menerima kunjungan dari Tim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia untuk menilai Program Kampung Iklim (Proklim) Lestari di Kelurahan Bukit Cermin pada tahun 2024.

Pada Rabu, 5 Juni 2024, tim verifikator KLHK melakukan penilaian di Balai Pertemuan RW. VI Kelurahan Bukit Cermin, Kecamatan Tanjungpinang Barat, Kota Tanjungpinang, yang terletak di samping SMP Negeri 15 Tanjungpinang, Jalan Borobudur.

Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Kota Tanjungpinang, Zulhidayat, yang mendampingi kunjungan, menyatakan dukungan kepada tim Proklim yang akan dinilai oleh tim verifikator.

“Sangat membanggakan keaktifan tim Proklim Bukit Cermin yang fokus dalam menggaungkan pelestarian lingkungan kepada masyarakat,” ujar Zulhidayat.

Zulhidayat berharap keaktifan tim Proklim Bukit Cermin dapat menjadi contoh yang baik bagi kelurahan lain sehingga muncul Proklim baru dan ikut berkompetisi seperti Proklim Bukit Cermin.

Kehadiran tim verifikator sangat dinantikan karena selain memberikan penilaian dan verifikasi berkas, atau langsung meninjau titik-titik lokasi, tim ini memberikan evaluasi sehingga bisa dilakukan perbaikan atau peningkatan, kata Zulhidayat, yang juga meminta agar tim verifikator dan tim Proklim Bukit Cermin terus memberikan dorongan, motivasi, edukasi, serta sinergi kepada masyarakat untuk menjaga lingkungan.

Zulhidayat menekankan pentingnya peran semua elemen masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup di Tanjungpinang yang tidak begitu luas wilayahnya dan cukup kompleks.

Dia berharap jika semua elemen masyarakat peduli dengan lingkungan, pasti akan menjadi suatu prestasi bagi kita dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup

Muhammad Ardiansyah, dari Tim Penilaian Verifikator Proklim Lestari KLHK, menambahkan bahwa timnya memverifikasi usulan Proklim Lestari untuk Kelurahan Bukit Cermin yang dimulai dari kepedulian terhadap lingkungan dengan kegiatan utamanya yaitu bank sampah.

Proklim tidak hanya mengenai sampah tapi ada kegiatan lain seperti Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan mengurangi energi berlebih seperti mengolah sampah menjadi energi, pupuk organik dan sebagainya.

“Kelurahan Bukit Cermin telah mengusulkan Proklim Lestari yang berarti aksi lestari berlanjut dan ada penambahan yang merupakan salah satu kriteria penilaian yang berikutnya harus membina minimal 10 kelurahan, baik di kecamatan yang sama atau di kecamatan lain,” ungkapnya.

Editor: Budi Adriansyah