Program RPM Dirancang Untuk Beri Kemudahan Bagi Rakyat Supaya Rakyat Melihat Pertanian Itu Pekerjaan Terhormat

Bupati Malaka mengatakan hampir 80 Persen rakyat Malaka hidup dari Pertanian sehingga tugas kita menaikkan profesi pertanian menjadi pekerjaan mulia.

Program RPM membuat kemudahan bagi rakyat agar rakyat melihat bahwa pertanian itu pekerjaan terhormat.

Hal itu disampaikan Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran saat membawakan materi Rekoleksi Kategorial dengan Thema Mewujudkan Ekonomi Yang Bermartabat yang dihadiri ASN, Biarawan /Biarawati dan Umat Dekenat Malaka di Aula Dekenat Malaka – Betun, Senin (9/3-2020)

Dalam pemaparannya Bupati SBS mengingatkan Ciri khas petani itu adalah kerja keras.

” Dalam rapat saya paling marah melihat pejabat keluar masuk ruangan. Coba lihat petani sawah mereka pagi sudah kerja sawah, pasti basah, pasti lumpur dan pasti kena matahari karena tidak ada naungan. Tiga bulan kemudian belum tentu panen kalau kena hama penyakit atau kurang air irigasi.
Para petani jadi gurunya kita dalam hal kerja keras” .

” Hebatnya lagi, para petani makan dari hasil kerjanya dan kasih makan orang dari hasil kerjamya”.

“Bung karno menamakan petani kaum marhaen artinya orang kecil bekerja untuk memenuhi kebutuhannya dan bisa menghidupkan orang lain melalui pekerjaannya. Itulah yang namanya bermartabat”.

Bagaimana dengan implementasi didalam kebijakan pemerintahan? .

Dalam uraiannya Bupati Malaka menjelaskan Pemerintah sejak tahun 2016 dibawah kepemimpinan Bupati SBS – DA (almr) mengusung motto Meletakkan Fondasi Yang Kokoh dan Dinamis Untuk Mencapai Masyarakat Sejahtera dan Makmur.

Bupati mengatakan dibidang Pendidikan dan Kesehatan menjadi fondasi . ” Kita urus pendidikan supaya rakyat tidak bodoh. Bahayanya kalau pegawai kita bodoh tetapi rajin. Karena tiap hari kita harus urus kesalahan”.

“Dibidang kesehatan juga harus diurus supaya masyarakat menyadari pentingnya kesehatan.
Misalnya orang sehat tetapi gunakan masker padahal masker itu hanya digunakan bagi orang sakit”.

“Orang yang sakit flu bisa gunakan masker supaya tidak menular ke orang lain dan waktu penggunaannya maksimal dua jam tetapi kenyataannya kadang seharian digunakan dan esoknya digunakan lagi”. (boni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *