Program Pacul Tanah Rakyat Sangat Membantu dan Harus Diperluas – Warga Laenmane Berpeluang Panen 260 Ha Melalui Program RPM

Program Pacul tanah rakyat yang dikemas melalui program RPM yang diusung Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran harus dipertahankan dan diperluas dari waktu ke waktu agar lebih banyak dinikmati rakyat.

Sejak program pacul tanah rakyat itu digelar setiap tahun kebun rakyat bertambah dalam arti jumlah kebun dan luasannya juga bertambah.

Melalui program itu rakyat tetap memiliki kebun dan setiap tahun rakyat selalu berkelimpahan makanan.

Paulus Asa, Warga desa Kapitan Meo -Kecamatan Laenmane – Kabupaten Malaka mengatakan hal itu kepada wartartawan di Buikoun, Sabtu (7/3-2020).

Dikatakannya, sejak program pacul tanah rakyat dicanangkan Bupati SBS rakyat bisa memiliki kebun secara permanen.

” Dulu, rakyat kalau mau berkebun pengolahan lahannya mahal sekali karena harus dilakukan manual secara gotong royong yang dikenal dengan sebutan ” Na’foi”. Bagi rakyat yang berduit tentu bisa menyewa traktor lahan kering untuk mengolah lahan miliknya dan jumlahnya sangat terbatas”.

” Kita senang karena melalui program pacul tanah rakyat yang dilakukan pemerintah saat ini langsung berdampak bagi rakyat kecil terutama bagi rakyat yang ekonominya masih lemah”

Camat Laenmane, Blasius Berek Bau kepada wartawan, Sabtu (7/3) membenarkan hal itu.

Menurut Camat Blasius sejak program pacul tanah rakyat dicanangkan Bupati Malaka rakyat di Laenmane sangat antusias untuk berkebun memanfaatkan potensi lahan padang rumput yang selama ini tidak diolah karena keterbatasan kemampuan petani dalam hal ongkos pengolahan lahan.

” Sekarang rakyat merasa senang karena sangat terbantu dalam hal pengolahan lahan melalui program pacul tanah rakyat”

” Tahun ini lahan rakyat yang dipacul melalui program RPM seluas 260 Ha tertanam, tumbuh subur dan berpeluang rakyat mendapatkan hasil panen yang berlimpah”

“Jagung yang ditanam pada lahan yang dipacul traktor melalui program RPM tahun ini bagus”

” Saat penyerajan IO SMP Kristen di Nauke Kusa kita lihat tanaman jagung milik masyarakat yang lahannya diolah melalui program RPM tumbuhnya bagus dan sangat berpeluang dipanen petani”

” Sebagai Camat saya melihat program pacul tanah rakyat oleh pemerintah itu bagus karena sangat membantu. Rakyat yang kebunnya kecil dan tidak memiliki kebun karena kemampuan pengolahan lahannya terbatas bisa memiliki kebun”

” Tanah yang sudah diolah melalui program RPM kita minta rakyat supaya dijaga dan dirawat. Untuk umur pendek kita minta rakyat supaya tetap tanam jagung dan ubi kayu serta kacang kacangan setiap tahun”

” Untuk tanaman umur panjang kita minta rakyat tetap mengoptimalkan pemanfaatan lahan dengan menanam tanaman produksi seperti mente dan tanaman lainnya sesuai potensi lahan yang dimiliki” (boni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *