PPL BPP Liurai Gandeng Mahasiswa KKP Prodi Ogroteknologi Unimor Gelar Aneka Kegiatan Pertanian

PPL BPP Liurai di Kecamatan Sasitamean menggandeng mahasiswa KKP Prodi Agroteknologi Unimor menggelar aneka kegiatan di bidang pertanian.

Kegiatan Mahasiswa KKP (Kuliah Kerja Profesi) Prodi Agroteknologi dari kampus Unimor di BPP Liurai Kecamatan Sasitamean didistribusikan kepada 4 kelompok yaitu Poktan Kamboja, Poktan Nekenaek, Poktan San Eki di Desa Manulea.

Mahasiswa sebanyak 20 orang di bagi ke dalam 4 kelompok tani selama satu bulan sejak 28 Juli s/d 28 Agustus 2020.

Hal itu diisampaikan Koorrdinator PPL、 Kaliktus Bruno Keraf kepada wartawan di Kaputu – Kecamatan Sasitamean -Kabupaten Malaka、 Sabtu (22/8-2020)

Dikatakannya、 kegiatan-kegiatan yang sudah dilakukan antara lain bersama mahasiswa diantaranya

“Mengamati secara langsung situasi nyata bagaimana baik dan sulitnya mendampingi petani dan para petani saling belajar serta para pengurus Poktan memanage anggota untuk berusaha tani”

”Membuat pupuk organik cair (MOL) – Mikroorganismes lokal dengan bahan-bahan benggol pisang, daun marungga, air kelapa, air cucian beras, gula air dan EM4. Fungsinya sebagai perangsang tumbuh tanaman”

”Membuat pestisida Nabati dari bahan daun sirih dengan sabun wings. Fungsinya untuk melindungi tanaman dari serangan hama/penyakit”

“Memotivasi petani memanfaatkan pekarangan dengan membuat tempat persemaian sayur2 secara kelompok berupa Para-para, membuat bedeng, memanfaatkan barang bekas kaleng, botol/gelas air mineral sebagai media tumbuh sayuran”.

“Membuat pupuk kompos (BOKHASI). Bahan-bahannya kotoran ternak, daun gamal, sekam padi, dedak padi, gula pasir , EM4”.

“ Membuat irigasi tetes pada tanaman cabe menggunakn botol air mineral”

“Melakukan pemangkasan cabe di Poktan Kamboja”

“ Bersama dengan koordinator PPL BPP Liurai berkoordinasi dengan camat, Kapolsek, Danramil melalui Babinsa melakukan persemaian benih sayuran, menguji coba menanam bawang putih dan merah” (boni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *