Polres Malaka Tetap  Gencar Kampanyekan Kesadaran Berlulintas Bagi Warga

Jajaran Kepolisian Resort Malaka  tetap berkomitmen untuk membangun kesadaran warga melalui edukasi-edukasi yang positif   agar warga tetap disiplin dan tertib dalam  berlalulintas.

Edukasi yang dilakukan melalui berbagai kegiatan patroli pada titik-titik  yang berpotensi rawan kecelakaan . Bagi kendaraan yang ditemui melakukan pelanggaran ringan dilakukan pembinaan di tempat. Bila  ada pelanggaran berat baru dilakukan penindakan sesuai bentuk pelanggaran yang dilakukan.

Hal itu disampaikan Kapolres Malaka, AKBP Albertus Neno, SH kepada wartawan di Betun – Ibu Kota Kabupaten Malaka, Jumat ( 26/2-2020)

Dikatakannya, sebagai Kapolres Malaka dirinya tetap menghimbau kepada seluruh warga Kabupaten Malaka agar disiplin, tertib dan mentaati peraturan lalulintas selama berkendaraan di jalan raya.

Kapolres meminta supaya  masyarakat yang mengendarai seped motor supaya mengenakan helm baik untuk pengemudi dan juga bagi pengendara yang dibonceng.

” Pengendara sepeda motor harus melengkapi kendaraannya dengan surat-surat kendaraan, melengkapi  kendaraannya dengan  kaca spion, lampu riting, plat nomor polisi dan tidak boleh rising. Kebanyakan warga kita mengendarai sepeda motor dimalam hari tidak menggunakan lampu sepeda motor tetapi  menggunakan senter yang ditaruh di kepala sehingga berpotensi  menimbulkan kecelakaan  baik untuk pengendara maupun masyarakat pengguna jalan” .

Kasatlantas Polres Malaka, IPDA Mathernus Klau, SH dalam kesempatan yang sama kepada wartawan  mengatakan  sesuai petunjuk dan arahan Kapolres Malaka pihaknya sudah melakukan kampanye untuk membangun kesadaran warga melalui patroli secara teratur diberbagai titik yang rawan lakalantas.

” Setiap hari jajaran kita melakukan patroli keliling untuk memantau langsung situasi lalulintas di lapangan”

” Bila dalam patroli itu ditemukan adanya pelanggaran ringan maka pengendara itu diberi peringatan agar tidak lagi membuat pelanggaran”

” Bagi  pengendara yang melakukan pelanggaran berat maka dilakukan penindakan sesuai jenis pelanggaran yang dilakukan”

” Perlu dicatat bahwa patroli keliling yang dilakukan petugas bukan untuk mencari kesalahan masyarat tetapi sifatnya untuk edukasi bagi warga dan memastikan bahwa  masyarakat sudah sadar dan disiplin dalam berlalulintas”

” Kita senang sekali karena setelah penerapan metode patroli keliling secara teratur bisa menekan  pelanggaran lalin secara kuantitas dan kualitas”

” Angka kecelakaan lalulintas per Januari hingga saat ini cenderung menurun karena aparat Kepolisian Resort  Malaka  selalu tingkatkan kegiatan patroli disetiap titik yang berpotensi rawan kecelakaan lalulintas” ( boni)

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *