PJ Kades Rabasa Gandeng Dinas Pertanian Malaka Buat Percontohan Pertanian Terpadu Untuk Rakyat

Pj Kades Rabasa akan menggandeng Dinas Pertanian Kabupaten Malaka untuk.membuat program percontohan pertanian terpadu untuk rakyat di Desa Rabasa.

Pertanian terpadu yang dimaksudkan terkait pemanfaatan teknologi pertanian untuk penanaman aneka tanaman pertanian、 mengoptimalkan pemanfaatan lahan agar produktif、 pembuatan dan pemanfaatan pupuk organik .

Hal itu disampaikan Pj Kades Rabasa、Agustinus Nahak kepada wartawan di Rabasa- Kecamatan Malaka Barat-Kabupaten Malaka、 Sabtu (22/8-2020).

Dikatakannya、 terkait program percontohan Desa sudah menyiapkan lahan yang sementara diolah traktor disekitar wilayah kantor desa termasuk untuk tanaman hortikultura akan dilakukan memanfaatkan halaman kantor desa untuk penanaman aneka sayuran.

“ Kita sudah siapkan lahan untuk percontohan penanaman jagung dengan teknologi penanaman double trek dan juga untuk penanaman percontohan kacang ijo”

“ Didalam lokasi halaman kantor desa kita sudah siapkan bedeng untuk buat percontohan penanaman aneka sayuran sebagai media pembelajaran masyarakat”

“ Di PKK sudah dicanangkan program untuk pemanfaatan pekarangan rumah dengan aneka tanaman produktif sehingga percontohan yang dibuat sebagai sarana pembelajaran agar warga bisa kembangkan tanaman pekarangan”

” Terkait semua rencana diatas desa sudah berkoordonasi dengan Koordinator PPL Kecamatan Malaka Barat agar melakukan pendampingan”

”Kita juga tetap membangun koordinasi dan kerja sama dengan bidang-bidang di Dinas Pertanian terkait realisasi rencana diatas sebagai media pembelajaran masyarakat”

Koordinator PPL Malaka Barat、Paulus Nahak Seran kepada wartawan mengapresiasi PJ Kades Rabasa bersama jajarannya membuat program percontohan yang ada.

“Sesuai kapasitas yang ada kita tetap melakukan pendampingan kepada rakyat di desa Rabasa”

“Kami sudah koordinasikan dengan desa terkait terwujudnya rencana itu”

“Kami sangat optimis rencana ini bisa terwujud dan berhasil karena desa bersama aparat serta BPD sangat antusias dibidang pertanian”

“Selain melakukan pendampingan di kelompok kita juga akan tata kelompok tani supaya bisa terorganisir terutama dalam mengembangkan usaha dibidang pertanian” (boni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *