Pj Desa Laleten – Malaka Pastikan Kekuatan dan Keberhasilan Penataan Desa Ada di Tangan Rakyat

Pj Kepala Desa Laleten – Kecamatan Weliman – Kabupaten Malaka – Provinsi NTT, Lorens Haba memastikan kekuatan dan keberhasilan membangun desa Laleten ada di tangan rakyat.
Rakyat harus jadi pelaku utama pembangunan.

Untuk penataan desa harus andalkan kekuatan rakyat dimana semua potensi harus diberdayakan sesuai kapasitas yang ada didalam desa.

PJ Kepala Desa Laleten, Lorens Haba mengatakan hal itu kepada wartawan disela kegiatan Jumat bersih di desa Laleten, Jumat (19/6-2020)

Dikatakannya, sejak dipercaya Pemerintah untuk menjabat sebagai Penjabat desa Laleten dirinya berupaya untuk melakukan penataan diberbagai bidang.

” Hari ini kami gelar Jumat bersih untuk membersihkan lingkungan disekitar Kantor Desa Laleten dan pangkas dahan pohon yang masuk kedalam bahu dan badan Jalan supaya dibersihkan agar tidak mengganggu pengguna jalan”

” Minggu depan kita akan turun dan keliling 9 dusun di desa Laleten untuk melakukan hal yang sama dengan melibatkan partisipasi masyarakat setiap dusun”

” Langkah awal kami benahi administrasi di desa supaya teratur dan tertib serta melakukan penataan aparat”

” Kami tetap memberdayakan aparat yang ada. Khususnya bagi aparat yang memiliki jabatan rangkap di desa kita hanya beri satu jabatan saja dan jabatan yang lowong kita isi dengan para pemuda di desa Laleten yang memiliki kapasitas SDM yang baik sesuai jabatan yang ada”

” Salah satu strategi untuk merangkul semua aparat desa baik di Desa hingga dusun, RT/RW dengan melakukan pembayaran hak-hak mereka secara transparan dan tepat waktu tanpa pemotongan apapun”

” Yang namanya hak aparat berupa gaji dan honor harus dibayar utuh dan tidak boleh disunat. Konsekwensi dari hak yang dibayarkan itu para aparat harus aktif dan menjadi motor penggerak di desa hingga tingkat dusun, RT/RW”

” Hari ini partisipasi rakyat Desa Laleten sangat luar biasa dalam kegiatan Jumat bersih dan bagi kami ini menjadi modal dasar membangun desa Laleten kedepan”

” Kami baru mulai dan diharapkan dalam waktu yang tidak terlalu lama kita bisa identifikasi semua persoalan dan kebutuhan rakyat di desa sebagai dasar mendesign program kerja kedepan sehingga intervensi yang diberikan dapat menjawab kebutuhan dan persoalan yang dihadapi rakyat”

” Partisipasi rakyat yang kita harapkan adalah keterlibatan semua komponen masyarakat desa Laleten dalam melaksanakan berbagai program kedepan guna percepatan pembangunan dan percepatan kemakmuran rakyat”

Kegiatan Pembersihan lingkungan yang dihadiri seluruh aparat desa dan masyarakat desa Laleten dihadiri juga oleh Kapolsek Weliman, IPTU Oscar Pinto.

Kapolsek Oscar kepada wartawan mengatakan akan bsrsinergi dengan Pj Desa Laleten dalam rangka pembinaan Kantibmas di desa Laleten. (boni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *