Petani RPM Desa Sikun, Panen Jagung 10 kali Lipat Dari Biasa

Luar biasa, seorang petani bernama Benediksus Bria asal desa Sikun selama tiga musim berturut-turut memanen jagung, mencapai 10 kali lipat dibanding cara tanam biasa.

Testimoni itu disampaikan Benediktus yang juga selaku ketua kelompok tani Berelik Mandiri, saat tim pakar RPM memonitoring perkembangan tanaman bawang merah program RPM hari ini (selasa 6/8).

“Saya dapat hasil 200 kg saja, dan setelah mengkikuti bimbingan teknis dari para penyuluh dibawah kordinator Paulus Nahak Seran, saya bisa memanen mencapai hasil hampir 3 ton biji untuk lahan seluas kurang satu hektar. Saat ini kami siap panen lagi dan ingin lanjut tanam lagi”, ujarnya dengan penuh semangat disamping istri Tresia Koar, sambil membanggakan cara tanam, menggunakam Tata tanam, Double Track yang diterapkannya.

“Tentu kami berterimakasih kepada Bupati Malaka, Bapak  Stefanus Bria Seran, dimana melalui program RPM kami bisa bergiat dan serius terhadap usahatani, apalagi telah dibantu dengan benih dan lain-lain. Saat ini saya punya 20 are bawang merah, dan akan dirawat baik-baik, karena hasil ini untuk kami sendiri”. ucap petani yang punya anaknya yang sedang kuliah semester tujuh di Faperta Undana. (boni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *