Petani Malaka Mulai Dikenalkan Teknologi Pertanian Modern

Malaka – Petani di Kabupaten Malaka mulai diperkenalkan dengan teknologi pertanian modern. Selain untuk pengolahan lahan juga untuk tanam dan melakukan panen dengan peralatan modern.

Selama ini petani mulai dikenalkan dengan cara panen jagung dengan peralatan modern dan saat ini para petani lahan basah dikenalkan dengan teknologi panen padi dengan peralatan modern. Hal ini dimaksudkan bisa membantu petani agar bisa menghasilkan hasil panenan yang berkualitas dengan waktu yang relatif cepat.

Hal itu disampaikan Kadis TPHP Kabupaten Malaka, Yustinus Nahak kepada wartawan di Betun, Kamis (24/10-2019).

Kadis Yustinus menjelaskan
mesin Combine Harvester, mesin ini berfungsi untuk memanen sekaligus merontok padi. Ketika dipakai untuk panen, biji padi yang dirontoknya langsung dimasukan oleh mesin ke karung. Jadi petani tidak ribet lagi memotong lalu merontok padi, karena mesin ini memotong lalu langsung merontok dan petani langsung terima gabah saja.

” Kita senang sekali karena Pemerintah sudah mengenalkan aneka teknologi kepada rakyat untuk memudahkan petani dalam bekerja dan kita berharap para petani kita terus dibekali dengan berbagai teknologi untuk penanaman dan juga untuk panenan”

Kadis Yustinus menjelaskan apa yang dilakukan saat ini merupakan salah satu bentuk konkrit implementasi Program RPM yang diusung Bupati SBS saat memimpin Malaka.

” Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari pemanfaatan teknologi seperti ini . Selain bisa menghemat waktu dan tenaga kerja juga petani bisa mendapatkan hasil panenan yang berkualitas”

PPL Desa Laleten, Yeremias Nahak kepada wartawan mengatakan sangat senang dengan pemanfaatan teknologi pertanian modern untuk berbagai aktifitas pertanian.

” Ini bukti konkrit kecintaan Bupati SBS kepada rakyatnya dengan pemanfaatan teknologi modern seperti ini. Rakyat bisa mendapatkan berbagai kemudahan dengan memanfaatkan teknologi modern yang digunakan” (boni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *