Petani Lamudur Gandeng Mahasiswa Magang Politani Kupang Tanam Bawang Merah RPM

Malaka – Kelompok Tani Mamosun di desa Lamudur-Kecamatan Weliman -Kabupaten Malaka bersama mahasiswa magang Politani Undana mulai menanam bawang merah melalui program RPM.

Kegiatan penanaman itu dilakukan pada lahan seluas 5 hektar dari 25 hektar bawang merah yang ditanam di Kecamatan Weliman.

PPL desa Lamudur, Anton Seran Nahak mengatakan hal itu kepada wartawan di Lamudur, Senin (19/8-2019)

“Hari ini PPL Kecamatan Weliman bersama Poktan Sinar Mamosun desa Lamudur melakukan penanaman bawang merah program RPM seluas 5 ha”

“Kami melakukan penanaman dengan mahasiswa magang Politani Kupang yang saat ini magang di Weliman”

“Direncanakan dalam bulan Agustus ini sudah selesai penanaman”

“Sebelum penanaman para petani sudah dibekali teknik budidaya bawang merah oleh tim Pakar RPM dan PPL tetap melakukan pengawalan agar sesuai dengan pembekalan tim pakar RPM”

Ketua Kelompok Tani Mamosun, Andreas Nahak kepada wartawan mengatakan sangat senang dengan budidaya bawang merah melalui program RPM usungan Bupati Malaka.

“Kami senang sekali karena Bapak Bupati bisa membuat program ini untuk mensejahterakan petani melalui komoditi bawang merah”

Anggota kelompok tani lainnya, Emanuel Fahik mengatakan senang dengan program RPM karena hasilnya langsung dinikmati rakyat.

“Saya sangat senang karena baru kali ini ada seorang Bupati yang mau kerja kebun untuk rakyat ditambah dengan memberikan benih ungggul, pupuk dan obat-obatan. Kami petani sangat senang karena melalui program RPM kami bisa memiliki kebun dan berkelimpahan makanan”

Ketua mahasiswa magang Politani Kupang, Ervianus Darma mengatakan sangat senang bisa membaur dengan petani untuk melakukan penanaman bawang merah.

“Kami bersama mahasiswa yang lain tetap hadir bersama petani untuk tanam bawang. Kami sudah dapat teori di Kampus tetapi saat ini kami membaur dengan petani untuk mengimplementasikan ilmu yang didapat dibangku kuliah melalui kerja nyata di lapangan”

“Kami semakin diperkaya dengan pengalaman budidaya bawang merah karena para petani dan PPL juga sudah mendapatkan pembekalan dari tim Pakar RPM. Kita akan bersinergi melakukan budidaya bawang merah di desa Lamudur” (boni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *