Peserta Upacara HUT ke 74 Kemerdekaan RI Dihimbau Berpakaian Adat

Malaka – Peserta upacara HUT ke 74 Kemerdekaan RI di Kabupaten Malaka dihimbau berpakaian adat.

Kebersamaan untuk mengenakan busana adat Malaka dalam upacara HUT ke 74 Kemerdekaan RI sebagai wujud konkrit untuk melestarikan budaya Malaka sebagai kekayaan daerah.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Malaka merupakan lembaga pemerintah yang salah satu tugasnya untuk melestarikan budaya daerah melalui berbagai program yang dikemas.

Kadis PKPO Kabupaten Malaka, Petrus Bria Seran mengatakan hal itu kepada wartawan di Betun, Kamis (15/8-2019).

Dikatakannya, sesuai arahan Bupati Malaka maka perayaan HUT ke 74 Kemerdekaan RI tahun 2019 di Kabupaten Malaka para peserta upacara berpakaian adat.

” Kenapa kita himbau seluruh peserta untuk berpakaian adat? Karena kita dari dinas Pendidikan dan Kebudayaan
salah satu caranya yakni melestarikan adat melalui hal-hal kecil dan salah satu caranya berpakaian adat dalam pelaksanaan upacara bendera pada tanggal 17 Agustus nanti”

” Pada lembaga pendidikan kita juga minta anak-anak mengenakan busana adat supaya jangan sampai anak-anak itu merasa asing jika berpakaian adat karena didunia ini semua proses salah satu nya lewat adat”.

“Bapak presiden saja dalam upacara kenegaraan menggunakan pakaian adat dalam berbagai kegiatan”.

” Untuk melestarikan budaya kita perlu lakukan melalui anak-anak didik karena mereka sebagai pewaris dan generasi penerus agar ada tongkat estafet antar generasi. ,Harapannya, anak-anak sebagai pewaris Kabupaten Malaka cara berpikirnya modern karena kemajuan jaman tetapi tetap mencintai budayanya sebagai nilai peninggalan para leluhur “. (boni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *