Peserta Bimtek Pendidikan Keluarga Siap Implementasikan  Trisentra Pendidikan di Sekolah 

Malaka – Satuan Pendidikan di Malaka siap implementasikan Trisentra Pendidikan di sekolah melalui program yang dikemas. Trisentra pendidikan yang akan dikemas berupa hubungan interaksi antara sekolah, orang tua dan masyarakat.

Dalam tataran rill sesungguhnya hal ini sudah dilakukan di sekolah namun perlu disempurnakan melalui program kerja yang riil dan terukur.

Ada empat program yang harus dilaksanakan sesuai hasil bimtek yakni Pertemuan org tua  dengan wali kelas tiap semester dua kali, pembentukan kelas parenting sekali pertahun,  Pembentukan orang tua terpilih untuk kelas inspirasi misalnya menghadirkan tokoh berpengaruh untuk memberikan inspirasi kepada peserta didik dan pentas karya seni setiap akhir tahun.

Pengawas SMP Sona Dawan, Yohanes Asit Tae, S.Pd.  kepada wartawan mengatakan hasil berproses selama Bimtek Pendidikan Keluarga sangat bagus untuk menyatukan persepsi dan konsep terkait implementasi konkrit kedepan.

Dijelaskannya, bimtek yang digelar  terlihat bahwa tanggung jawab terhadap keberhasilan pendidikan anak  bukan hanya menjadi tanggung jawab sekolah melainkan semua pihak termasuk orang tua dan masyarakat (trisentra pendidikan)

Kepala SMPN Asmanulea, Petrus seran Hane mengatakan sesungguhnya bimtek yang digelar merupakan media untuk penguatan komitmen akan pentingnya pendidikan yang melibatkan para pihak untuk menghasilkan generasi cerdas dan berkualitas.

“Urusan pendidikan bukan hanya tanggung jawab sekolah tetapi juga orang tua dan masyarakat harus berkolaborasi  untuk berkontribusi dalam pembentukan karakter dan keberhasilan pendidikan anak”

Kepala SMPN Laenmanen, Alexander Manek mengatakan keterlibatan keluarga dalam pendidikan anak merupakan kata kunci untuk  keberhasilan pendidikan anak.

“Kita senang karena dalam bimtek ini  bisa menghasilkan pemikiran dan program konkrit yang akan diimplementasikan di sekolah  seperti pertemuan orang tua dan wali kelas dua kali dalam satu semester dalam rangka membangun komunikasi untuk mengetahui perkembangan anak terkait sikap, pengetahuan dan keterampilan anak “.

“Dari pertemuan itu juga untuk melihat dan mengevaluasi apakah ada perubahan tata nilai, disiplin dan etika tutur kata dan perbuatan yang sopan bagi si anak”

“Apa yang dilakukan Ini untuk membendung digitalisasi,  narkoba dan HIV/AIDS, radikalisme yg merusak pranata sosial  peserta didik”.

” Kita sangat senang karena melalui Bimtek ini satuan pendidikan di Malaka segera melibatkan keluarga  dan masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan ”

” Salah satu pemikiran cerdas dalam bimtek ini yakni pembentukan kelas orang tua sehingga diharapkan di Malaka akan ada paguyuban kelas di sekolah- sekolah dengan melibatkan orang tua siswa.  Tujuannya,  untuk membangun kerja sama sekolah dengan orang tua dan membangun komunikasi , kerja sama  yang intensif  dan komunikatif antar keluarga”. (boni)

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *