Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
HeadlineLintas Provinsi

Permudah Layanan Publik, Dinas PUPR Kota Tanjungpinang Launching KITA SIAP…

49
×

Permudah Layanan Publik, Dinas PUPR Kota Tanjungpinang Launching KITA SIAP…

Sebarkan artikel ini

Radarmalaka.com, Tanjungpinang – Dalam rangka mempermudah pelayanan publik terkait tata ruang dan pembangunan serta mendorong peningkatan investasi, Pemerintah Kota (Pemkot) Tanjungpinang melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tanjungpinang, melaunching Pelayanan KITA SIAP (Klinik Tata Ruang Sinkronisasi Percepatan Pelayanan Investasi).

Launching pelayanan tersebut dilakukan di Aula Pertemuan Sultan Badrul Alamsyah, dengan mengundang beberapa asosiasi pengembang, di antaranya Pengurus DPD REI (Real Estate Indonesia) Kepulauan Riau (Kepri), DPD HIMPPERA (Himpunan Pengembang Pemukiman dan Perumahan Rakyat) Tanjungpinang, serta Pengurus Forum RT/RW Kota Tanjungpinang, Kamis, 19 Oktober 2023.

Dalam sambutannya, Penjabat (Pj) Wali Kota Tanjungpinang Hasan, mengapresiasi atas inovasi pelayanan yang telah dirancang oleh Dinas PUPR Kota Tanjungpinang tersebut.

Menurut Hasan, penggunaan digitalisasi dalam setiap elemen kerja saat ini wajib dilakukan. Hasan juga menjelaskan, bahwa KITA SIAP yang merupakan inovasi pelayanan ini harus mampu terintegrasi, sehingga dapat memudahkan bagi setiap masyarakat untuk mendapatkan pelayanan, terutama bagi penunjang investasi.

“Inovasi itu sejatinya dibuat untuk mempermudah, sehingga kesiapan pelaksanaannya harus dipersiapkan secara matang. Saat ini pemerintah juga sedang menyusun RDTR (Rencana Dasar Tata Ruang) sekaligus perancangan RPJP (Rencana Pembangunan Jangka Panjang) sehingga dibutuhkan sinkronisasi antara pemerintah dengan stakeholder terkait, terutama terkait tata ruang,” jelas Hasan.

Dikesempatan yang sama, Kepala Dinas PUPR Kota Tanjungpinang Rusli, dalam pemaparannya menjelaskan, bahwa dengan ditetapkannya Kota Tanjungpinang sebagai Kawasan Free Trade Zone (FTZ), telah menjadikannya magnet pertumbuhan ekonomi.

Meningkatnya minat investor, kata Rusli, tentu harus disambut dengan pelayanan yang prima. Pemahaman prosedur perizinan dasar menjadi kendala, terutama di dunia usaha.

“Dengan pelayanan KITA SIAP, akan menjawab persoalan tersebut. Hal ini merupakan inovasi untuk percepatan investasi melalui pelayanan yang mudah, cepat dan efisien,” ujar Rusli.

Rusli menambahkan, pelayanan KITA SIAP meliputi 4 pelayanan dasar, yakni Pelayanan Informasi Penataan Ruang, Pelayanan Kesesuaian Kegiatan Pemanfaat Ruang (KKPR), Pelayanan Site Plan Kawasan Perdagangan, dan Pelayanan Persetujuan Pembangunan Gedung.

“Ke empat layanan tersebut, sudah dapat diakses di klinik KITA SIAP yang saat ini berada di Kantor Dinas PUPR Kota Tanjungpinang dan gratis bagi setiap pemohon pelayanan,” ungkap Rusli.

Rusli melanjutkan, pada Tahun 2024 KITA SIAP juga akan dapat diakses via online dan berada di Mal Pelayanan Publik (MPP), sehingga masyarakat dapat lebih mudah dalam setiap pengurusan dokumen perizinan.

Terkait peningkatan pelayanan, Rusli mengatakan, bahwa setiap RT/RW di tiap kelurahan telah diberikan bimbingan teknis terutama untuk memahami RDTR Kota Tanjungpinang.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemkot Tanjungpinang bersama stakeholder terkait.

Editor: Budi Adriansyah
Sumber: Diskominfo Kota Tanjungpinang